Comscore Tracker

Mengapa Mobil Listrik Punya Torsi Lebih Besar dari Mobil Bensin?

Bahkan lebih besar dari mesin turbo

Jakarta, IDN TIMES - Mobil listrik mengalami perkembangan yang sangat pesat. Di Indonesia sendiri, masyarakat secara perlahan sudah mulai menerima dan menggunakan kendaraan listrik.

Salah satu alasan kenapa mobil listrik mulai digemari adalah torsinya yang sangat besar. Bahkan torsi mobil listrik mengungguli torsi mobil-mobil bermesin turbo sekalipun.

Kenapa torsi mobil listrik begitu melimpah, ya? 

1. Konstruksi powertrain yang berbeda

Mengapa Mobil Listrik Punya Torsi Lebih Besar dari Mobil Bensin?www.fueleconomy.gov

Konstruksi powertrain yang dimiliki mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional yang menggunakan internal combustion engine (ICE). Mobil listrik tidak menggunakan transmisi percepatan biasa, sehingga disebut sebagai transmisi percepatan tunggal. Motor listrik langsung terhubung ke roda penggerak melalui drive shaft. 

Baca Juga: Mini Segera Luncurkan Mobil Listrik, Desainnya Imut Banget

2. Mobil listrik punya output tenaga yang instan

Mengapa Mobil Listrik Punya Torsi Lebih Besar dari Mobil Bensin?smallbusiness.co.uk

Mobil listrik punya output tenaga yang instan, sehingga tenaga yang didapat roda penggerak setara dengan tenaga yang dihasilkan oleh inverter dari baterai. Selain itu, putaran motor listrik yang bisa mencapai puluhan ribu rpm bisa menghasilkan torsi yang besar secara instan. Berbeda dengan mobil konvensional yang menggunakan sistem transmisi, karena penyaluran tenaganya terbagi dan ada loss power.

3. Voltase akan menurun saat kecepatan tinggi

Mengapa Mobil Listrik Punya Torsi Lebih Besar dari Mobil Bensin?(ilustrasi mobil listrik) IDN Times/Hana Adi Perdana

Voltase pada mobil listrik akan menurun saat kecepatan tinggi. Hal itu disebabkan hilangnya tenaga secara perlahan pada putaran yang tinggi. Namun dengan melemahnya putaran seperti ini mobil listrik tetap bisa dipacu. Karena sifat torsi yang unik inilah yang menyebabkan sensasi berkendara yang berbeda.

Baca Juga: Imutnya Mobil Listrik Citroen My Ami Cargo, Bisa Jadi Pengganti Motor

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya