Comscore Tracker

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Vacuum Cleaner Mobil

Ukuran dan daya sedot harus jadi pertimbangan utama

Jakarta, IDN Times - Setiap pemilik mobil wajib menjaga kebersihan kabin. Sebab kabin yang motor sudah pasti bikin gak nyaman. Selain itu debu dan kotoran yang dibiarkan mengendap di dalam kabin bisa membahayakan kesehatan.

Karena itu bersihkan kabin secara rutin. Untuk itu kamu bisa menggunakan alat penyedot debu atau vacuum cleaner. Namun jangan sembarangan memilih vacuum cleaner. Nah, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli vacuum cleaner buat mobil.

1. Ukuran harus ramping dan compact

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Vacuum Cleaner MobilIlustrasi vaccum cleaner (unsplash.com)

Sebaiknya kamu memilih vaccum cleaner dengan ukuran yang ramping dan compact. Sebab kamu gak akan mengalami kesulitan ketika menggunakannya atau hendak menyimpannya di dalam kabin. Alat pembersih ini wajib dibawa saat melakukan perjalanan jauh maupun dekat, sebagai bentuk antisipasi bila kabin mendadak kotor akibat tumpahan makan dan sebagainya.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan bobot vaccum cleaner. Usahakan beratnya kurang dari satu kilogram. Hal ini bertujuan agar siapa pun bisa menggunakan perangkat tersebut tanpa kesulitan dan dengan satu tangan. So, satu tangan lainnya bisa digunakan untuk menyibak karpet dan memudahkan proses pembersihan lainnya.

Baca Juga: 4 Cara Mengusir Bau Rokok dari Kabin Mobil

2. Kabel atau cordless

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Vacuum Cleaner MobilIlustrasi vaccum cleaner (unsplash.com)

Vaccum cleaner mobil yang beredar di pasaran saat ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu dengan kabel dan cordless atau tanpa kabel. Vaccum cleaner dengan kabel memiliki daya hisap maksimal. Bahkan kamu gak perlu kehabisan baterai, karena kabel memiliki sambungan power supply tersendiri.

Namun vaccum cleaner kabel sedikit merepotkan dan gak bisa bergerak bebas. Sebab kabelnya cukup panjang, sehingga kamu terpaksa harus sering-sering membenarkan posisi kabel. Idealnya, panjang kabel alat pembersih ini paling tidak memiliki ukuran kurang lebih 3 meter.

Sedangkan vacuum cleaner tipe cordless, cenderung lebih praktis dan bisa digunakan kapan dan di mana saja termasuk tempat yang sempit. Hanya saja pemakaiannya masih terlalu singkat, yaitu hanya mampu bekerja selama 15-20 menit saja.

3. Memiliki daya hisap besar

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Vacuum Cleaner MobilIlustrasi vaccum cleaner (unsplash.con)

Vaccum cleaner dengan daya hisap yang besar tentu menjadi pilihan terbaik. Sebab kotoran atau sampah bisa dihisap secara maksimal. Namun semakin besar daya hisap yang dihasilkan, maka semakin besar juga daya listrik yang dibutuhkan untuk motor agar bisa bekerja.

4. Suara halus

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Vacuum Cleaner MobilIlustrasi vaccum cleaner (unsplash.com)

Kamu juga harus memperhatikan suara yang dihasilkan oleh vaccum cleaner. Umumnya, produk yang beredar di pasaran mengeluarkan bunyi antara 50-70 desibel. Sebisa mungkin, pilih produk dengan bunyi di bawah 50 desibel sehingga kamu bisa menggunakannya dengan baik tanpa khawatir mengganggu orang lain.

5. Pengumpulan sampah

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Vacuum Cleaner MobilIlustrasi vaccum cleaner (unsplash.com)

Vaccum cleaner biasanya dibagikan berdasarkan cara pengumpulan sampahnya, seperti paper pack, cyclone, dan tipe filter. Nah, cara pengumpulan sampah ini berpengaruh pada kemudahan pengoperasian dan running cost-nya.

Kerennya vaccum cleaner juga sudah mulai banyak yang dilengkapi dengan beragam aksesori pendukung. Salah satunya adalah nozzle panjang yang berguna untuk membersihkan celah pintu atau bawah jok mobil.

Selain itu, ada juga produk yang dilengkapi dengan LED untuk membersihkan tempat yang gelap, serta vacuum cleaner yang bisa membersihkan

Baca Juga: Tips Memegang Setir Mobil, Biar Mengemudi Aman dan Nyaman

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya