Comscore Tracker

Rekomendasi 10 Mobil Antibanjir, Bikin Nyetir Jadi Tenang 

Banjir bukan penghalang untuk tetap melintas

Jakarta, IDN Times - Beberapa daerah sering kali mengalami permasalahan banjir saat musim hujan tiba, contohnya adalah Jakarta. Banjir ini begitu menghambat berbagai aktivitas karena kendaraan jadi sulit untuk melintas di area yang tergenang, salah satunya adalah mobil.

Kalau daerah rumahmu rawan terkena banjir dan ingin berganti ke mobil yang lebih tahan saat melintasi banjir, 10 mobil antibanjir ini patut kamu pertimbangkan ke daftar pilihanmu karena cukup aman saat melintasi jalanan yang tergenang banjir, lho.

Yuk, disimak!

1. Toyota Hilux

Rekomendasi 10 Mobil Antibanjir, Bikin Nyetir Jadi Tenang Toyota Hilux 2.4 G 4X4 A/T (toyota.astra.co.id)

Dimensi mobil double cabin dari Toyota ini cukup besar, dengan panjang 5.325 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.815 mm. Ground clearance-nya pun sekitar 31 cm dengan wheelbase 3.085 mm, cukup aman jika harus melintasi banjir yang tak begitu dalam.

Selain itu Toyota Hilux menggunakan mesin diesel, yang mana sistem kelistrikannya tak sekompleks seperti mobil dengan mesin bensin. Sehingga potensi korsleting akibat terkena banjir pun dapat lebih terhindarkan.

Baca Juga: Musim Hujan Mobil SUV Rentan Terguling? 

2. Mitsubishi Pajero Sport

Rekomendasi 10 Mobil Antibanjir, Bikin Nyetir Jadi Tenang Mitsubishi Pajero Sport (youtube.com/MEDCARS)

SUV andalan dari Mitsubishi ini juga mampu diandalkan jika harus menerjang medan lintasan yang banjir, lho. Dimensinya begitu besar, dengan panjang 4.825 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1.835 mm. Ground clearance-nya mencapai 218 mm dengan ukuran velg 18 inch dan ban 265/60, membuatnya dapat melintas di jalanan yang banjir dengan daya cengkeram yang kuat.

Mitsubishi Pajero Sport juga menggunakan mesin diesel, yang sistem kelistrikannya jauh lebih simple dibanding mobil dengan mesin bensin. Sehingga SUV dari Mitsubishi ini lebih less-worry saat melintas di jalanan yang banjir.

3. Isuzu Panther

Rekomendasi 10 Mobil Antibanjir, Bikin Nyetir Jadi Tenang Isuzu Panther (youtube.com/GridOto)

MVP compact ini memang sudah terkenal cukup ‘bandel’. Dengan dimensi panjang 4.579 mm, lebar 1.170 mm, tinggi, 1.920 mm, dan wheelbase 2.685 mm, membuat Isuzu Panther ini tak takut terendam jika melewati medan lintasan dengan banjir yang tak begitu parah.

Mesinnya pun mengandalkan diesel yang sistem kelistrikannya tak sekompleks mesin bensin, sehingga tak perlu khawatir berlebih soal korsleting ketika melewati jalanan yang banjir.

4. Jeep Wrangler Rubicon

Rekomendasi 10 Mobil Antibanjir, Bikin Nyetir Jadi Tenang Ilustrasi Jeep Wrangler (pxhere.com)

Untuk melintasi medan lintasan yang sulit, banyak orang yang mempercayakan pada mobil-mobil Jeep, salah satunya adalah Jeep Wrangler Rubicon. Memiliki dimensi panjang 4.785 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.869 mm, dan ground clearance 274,32 mm, membuat Jeep Wrangler Rubicon cukup aman saat melibas di jalanan dengan banjir yang tak terlalu parah.

Sistem Rock-Trac® pada bagian roda di mobil Jeep ini pun membuat performa di medan-medan lintasan yang sulit jadi lebih mudah untuk digerakkan.

5. Suzuki Jimny

Rekomendasi 10 Mobil Antibanjir, Bikin Nyetir Jadi Tenang Ilustrasi Suzuki Jimny (IDN Times/Dwi Agustiar)

Sesuai dengan peruntukannya sebagai mobil off-road, Suzuki Jimny ini memang didesain untuk dapat melintasi medan perjalanan yang sulit. Dengan dimensi panjang 3.625 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.720 mm, dan wheelbase 2.250 mm, membuat mobil offroad dari Suzuki ini juga cukup aman untuk melintasi jalanan dengan banjir yang tak begitu parah.

Menyematkan fitur drip rails, yang dapat menghalau air masuk ke dalam kabin saat membuka atau menutup pintu, bikin Suzuki Jimny ini semakin no worries saat melintasi jalanan yang banjir!

6. Daihatsu Terios

Rekomendasi 10 Mobil Antibanjir, Bikin Nyetir Jadi Tenang Ilustrasi Daihatsu Terios (youtube.com/Oto Driver)

Daihatsu Terios banyak dijadikan opsi pilihan untuk mobil SUV dengan spesifikasi lengkap namun dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu dimensinya pun cukup besar jika harus melaju di lintasan dengan banjir yang tak begitu parah, dengan panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.705 mm, wheelbase 2.685 mm, dan ground clearance 220 mm

7. Honda BR-V

Rekomendasi 10 Mobil Antibanjir, Bikin Nyetir Jadi Tenang Ilustrasi Honda BR-V (honda-indonesia.com)

Untuk mobil Honda yang dapat diandalkan jika sewaktu-waktu harus melintas di area yang banjir, Honda BR-V dapat kamu jadikan sebagai pilihannya. Dimensinya pun cukup besar, dengan panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.666 mm, wheelbase 2.662 mm, serta grund clearance-nya mencapai 201 mm.

8. Toyota Fortuner

Rekomendasi 10 Mobil Antibanjir, Bikin Nyetir Jadi Tenang Ilustrasi Toyota Fortuner (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Mobil dari Toyota selanjutnya yang cukup terampil dalam melintas di jalanan ekstrem, seperti banjir, adalah Toyota Fortuner. Dimensi mobil dari Toyota ini cukup besar, dengan panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.835 mm, wheelbase 2.745 mm, dan ground clearance 216 mm, membuat SUV dari Toyota ini cukup andal jika harus melintas di area banjir yang tak parah.

9. Suzuki Ignis

Rekomendasi 10 Mobil Antibanjir, Bikin Nyetir Jadi Tenang Ilustrasi Suzuki Ignis (suzuki.co.id)

Mobil city car juga ternyata ada yang bisa tetap santai meski harus melintasi lintasan yang banjir, lho. Suzuki Ignis adalah salah satunya. Memiliki ground clearance yang cukup tinggi untuk ukuran city car, yakni 180 mm, serta ukuran ban sebesar 175/65, membuat Suzuki Ignis bisa tetap aman asal hanya melintasi jalanan banjir yang tak begitu parah.

10. Wuling Almaz

Rekomendasi 10 Mobil Antibanjir, Bikin Nyetir Jadi Tenang Ilustrasi Wuling Almaz (wuling.id)

Mobil terakhir yang cukup less-worry dari terjangan banjir datang dari pabrikan Tiongkok, yakni Wuling Almaz. Ground clearance dari Wuling Almaz ini cukup tinggi, yakni mencapai 230 mm. Dengan panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 1.760 mm, dan wheelbase 2.750 mm, membuat Wuling Almaz tak perlu dikhawatirkan berlebih jika harus melintas di lintasan yang banjirnya tak begitu dalam.

Inilah 10 mobil anti banjir yang bisa kamu pertimbangkan, terutama jika kamu berdomisili di daerah-daerah yang rawan banjir seperti Jakarta.

Walaupun 10 mobil ini memiliki ground clearance yang tinggi, lebih baik tak usah memaksakan jika tinggi banjir sudah melebihi ukuran ban mobil. Selain air dari banjir ini mudah masuk ke kabin dan bikin kabin jadi bau, kondisi mesin pun jadi taruhannya. Jadi pastikan untuk tetap berhati-hati saat melintasi jalanan yang banjir, ya!   

Penulis: Syahrial Maulana Sudarto

Baca Juga: 5 SUV Bekas di Bawah Rp150 Juta 

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya