Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Mobil Hatchback Bakal Memudarkan Dominasi SUV

Honda Brio jadi mobil terlaris sepanjang 2020

Jakarta, IDN Times – Popularitas mobil sport utility vehicle (SUV) agaknya mulai memudar. Ini bisa dilihat daftar mobil terlaris selama 2020 yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKIND0) belum lama lalu.

Dari daftar 10 mobil terlaris tersebut tak satu pun ada yang berjenis SUV. Mobil SUV hanya berada di peringkat 12, yakni Honda H-RV. Bahkan hanya tiga mobil SUV yang masuk 20 daftar mobil terlaris sepanjang 2020.

Bodi yang bongsor dan harga yang mahal membuat SUV mulai ditinggalkan. Apalagi saat ini dunia tengah dilanda pandemik COVID-19, membuat banyak orang berpikir dua kali untuk membeli mobil seharga setengah miliar.

Alasan ini pula yang agaknya membuat mobil-mobil hatcback mulai berikibar. Honda Brio misalnya jadi mobil terlaris sepanjang 2020. Mengejutkan, memang. Tapi begitulah faktanya.

Sebenarnya banyak alasan kenapa mobil hatchback akan meruntuhkan dominasi SUV. Pertama, hampir semua jalan kini sudah mulus, sudah bisa dilahap hanya dengan sebuah hatchback. Nah berikut beberapa alasan lain kenapa hatchback akan jadi pilihan utama.

1. Harga lebih murah

5 Alasan Kenapa Mobil Hatchback Bakal Memudarkan Dominasi SUVIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Alasan pertama tentunya adalah harga sebuah hatchback jauh lebih murah dari SUV. Maklum, karena bahan baku yang digunakan produsen untuk memproduksi mobil hatcback lebih sedikit dari SUV. Ini, tentu saja, akan mempengaruhi harga jual nanti. Selain itu kebanyakan mesin hatchback juga tidak secanggih SUV. Karena itu harganya pasti lebih murah.

Baca Juga: Penjualan Suzuki Baleno Hatcback Lampaui Honda Jazz dan Toyota Yaris!

2. Perawatan hatchback lebih mudah dan murah

5 Alasan Kenapa Mobil Hatchback Bakal Memudarkan Dominasi SUVIDN Times/Yohanes Nugroho

Mobil berukuran lebih kecil biasanya memiliki teknologi yang bagus, namun tak terlalu canggih. Sebab itu perawatannya sudah pasti lebih mudah karena suku cadangnya akan mudah didapat. Kemudian, harga suku cadang pun pastinya jauh lebih terjangkau karena ukurannya yang sedang dan kecil, juga teknologinya tidak banyak.

3. Pastinya lebih lincah dari SUV

5 Alasan Kenapa Mobil Hatchback Bakal Memudarkan Dominasi SUVIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Ukuran yang mini membuat beban mobil juga semakin ringan. Karena itulah mobil kompak akan lebih lincah saat dikemudikan di tengah padatnya perkotaan, baik itu dari segi manuver ataupun saat berakselerasi.  

4. Lebih irit BBM

5 Alasan Kenapa Mobil Hatchback Bakal Memudarkan Dominasi SUVANTARA FOTO/Reno Esnir

Mobil-mobil dengan dimensi kecil biasanya hanya membutuhkan mesin dengan kapasitas kecil pula. Pada akhirnya konsumsi BBM cenderung lebih sedikit ketimbang dengan mobil-mobil berukuran lebih besar.

5. Mudah cari tempat parkir

5 Alasan Kenapa Mobil Hatchback Bakal Memudarkan Dominasi SUVDok.IDN Times/istimewa

Semakin kecil ukuran kendaraan, akan semakin mudah pula menemukan tempat parkir. Ibaratnya, mobil kecil dapat dengan mudah menyelip di berbagai tempat. Karena akan lebih menyenangkan mencari parkir dengan hatcback dibandingkan SUV. 

Baca Juga: Fitur-fitur Canggih SUV Setengah Miliar Ternyata Ada di Wuling Almaz

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya