Comscore Tracker

Ini 4 Mobil yang Asik Banget Buat Ngedrift

Gak bisa pakai sembarang mobil loh!

Jakarta, IDN Times – Siapa yang tak kenal dengan istilah drifting? Jenis olahraga motorsport ini pertama kali lahir di Jepang, negara yang menjadi surganya mobil sport Japan Domestic Market (JDM) sejak tahun 90-an.

Drifting mulai populer setelah munculnya anime yang mengusung tema balap jalanan,“Initial D” pada 1995. Drifting semakin mendunia setelah game “Need For Speed: Underground” dirilis pada 2003 menyusul munculnya film layar lebar The Fast and The Furious: Tokyo Drift” pada 2006.

Dalam drifting, biasanya mobil-mobil yang enak digunakan adalah mobil dengan penggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD) dan bertransmisi manual supaya lebih nendang angle-nya saat melakukan teknik clutch-kick.

Nah, berikut ini daftar mobil yang paling enak buat dipakai drifting.

1. Nissan Silvia (S15)

Ini 4 Mobil yang Asik Banget Buat Ngedriftcar.info

Mobil dua pintu yang satu ini diproduksi oleh Nissan pada 2000 hingga 2002. Mobil ini ditenagai oleh mesin dengan kekuatan 165 – 250 horsepower dan berkapasitas mesin 2000 cc dengan 6 percepatan. Nissan juga membekali mobil ini dengan turbocharger yang membuat tarikan semakin menjambak.

Baca Juga: Bos Nissan Sebut New Livina Cocok Digunakan di Indonesia

2. Nissan 240sx

Ini 4 Mobil yang Asik Banget Buat Ngedriftdrift

Nah, mobil yang satu ini juga berasal dari pabrikan Nissan dan biasanya menjadi pilihan pertama buat sebagian besar drifter pemula di berbagai belahan dunia.

Diproduksi pada 1989 hingga 1998, mobil ini telah mengalami dua kali perubahan pada mesin, mulai dari mesin pertama yang bertipe KA24E (SOHC) dan mesin kedua bertipe KA24DE (DOHC).

Nissan 240sx memiliki tenaga 158 horsepower dengan kapasitas mesin sebesar 2,400 cc dengan 5 percepatan. Sayangnya, Nissan tidak membekali mobil ini dengan turbo.

3. Nissan Cefiro A31

Ini 4 Mobil yang Asik Banget Buat Ngedriftstatic.carthrottle.com

Lagi-lagi mobil yang enak buat drifting muncul dari pabrikan Nissan. Berbeda dengan yang sebelumnya sudah dibahas, mobil yang satu ini juga menjadi pilihan bagi drifter pemula di Indonesia.

Generasi paling pertama dalam seri Cefiro ini diproduksi pada 1988 hingga 1994, berbekal mesin dengan kapasitas 2000 cc 5 percepatan, dan tenaga 125 – 205 horsepower. Namun Nissan juga tidak memberikan turbo untuk mobil ini.

4. BMW E36 sedan

Ini 4 Mobil yang Asik Banget Buat Ngedriftcar.info

Sekarang kita berpindah ke pabrikan mobil asal Jerman: BMW E36. Mobil ini merupakan mobil yang masuk ke dalam seri 3 yang diproduksi pada 1993.

Mobil ini dibekali mesin berkapasitas 3000 cc dengan 5 percepatan, mencapai 286 horsepower. Namun mobil ini belum dibekali turbo.

Mobil-mobil tersebut adalah mobil yang enak buat drifting. Dengan tenaga yang cukup mumpuni meski masih standar pabrik, sudah bisa membuat mobil melintir.

Namun tetap saja, meski sudah bisa melintir, untuk mendapatkan performa terbaik dalam drifting, ada baiknya bila mobil dimodifikasi, seperti ditambahkan turbo kit, mengganti kaki-kaki khusus, dan mengubah diferensial mobil menjadi Limited Differential Slip (LSD) agar kedua ban belakang dapat berputar di waktu yang sama.

*dengan laporan Yohanes Nugroho

Baca Juga: 5 Mobil Sedan Terlaris di Tengah Serbuan SUV dan Crossover

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You