Comscore Tracker

4 Kelebihan Jika Ban Kendaraan Kita Menggunakan Nitrogen

Lebih aman maka lebih baik guys

Sejatinya seluruh komponen pada kendaraan kita baik motor ataupun mobil penting, karena masing-masing mendukung satu dengan lainnya, tidak terkecuali ban.

Ban kendaraan merupakan salah satu contoh komponen kendaraan yang bersifat vital, bisa dibayangkan jika sebuah kendaraan tidak memiliki ban, apakah masih layak disebut kendaraan?

Untuk itu komponen penting seperti ban perlu dilakukan treatment khusus seperti dengan menggantikan oksigen menjadi nitrogen yang akan kita bahas empat poinnya sebagai berikut.

1. Dapat menghemat bahan bakar

4 Kelebihan Jika Ban Kendaraan Kita Menggunakan Nitrogenunsplash.com/chuttersnap

Mungkin kita sering mendengar apabila menggunakan nitrogen alih-alih oksigen untuk ban kendaraan kita maka hal itu dapat menghemat bahan bakar, benarkah demikian? Ternyata memang benar bahwa penggunaan nitrogen pada ban kita dapat menghemat bahan bakar atau lebih efisien konsumsinya.

Hal ini dikarenakan nitrogen mengandung molekul yang lebih padat dibandingkan dengan oksigen, sehingga tekanan nitrogen yang optimal terhadap ban akan membuat ban menempel ke permukaan jalan secara lebih optimal pula.

Baca Juga: 7 Tips Merawat Motor Matic Biar Tetap Awet, Terapin Deh!

2. Kondisi ban akan lebih stabil

4 Kelebihan Jika Ban Kendaraan Kita Menggunakan Nitrogenunsplash.com/Campbell Boulanger

Sama halnya dengan poin sebelumnya bahwa molekul nitrogen lebih solid dibandingkan dengan oksigen, hal tersebut juga dapat berdampak bahwa kondisi ban yang menjadi lebih optimal. Tekanan udara di dalam ban akan lebih sulit keluar dari pori-pori ban karena molekul yang lebih solid.

3. Mencegah potensi ban meledak

4 Kelebihan Jika Ban Kendaraan Kita Menggunakan Nitrogenunsplash.com/David Edelstein

Untuk urusan keamanan, dengan menggunakan nitrogen maka ban akan lebih aman dari ancaman ban meledak. Hal ini dikarenakan nitrogen memiliki suhu lebih rendah dibandingkan dengan oksigen sehingga saat kondisi sangat panas pun risiko meledak akan lebih kecil.

4. Kondisi pelek akan lebih awet

4 Kelebihan Jika Ban Kendaraan Kita Menggunakan Nitrogenunsplash.com/Shoaib SR

Dengan proporsi oksigen yang rendah pada nitrogen, risiko pelek berkarat pun otomatis akan berkurang karena hal tersebut juga berarti kadar air pada nitrogen juga rendah, jika menggunakan ban beroksigen bisa saja air akan rembes berlebih dan berisiko membuat pelek lebih cepat berkarat.

Nah, itulah keunggulan menggunakan nitrogen untuk mengisi udara ban kendaraanmu. Lebih awet bukan?

Baca Juga: Ternyata Begini 3 Cara Membaca Kode pada Ban Mobil

Agung Destian Putra Photo Verified Writer Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You