TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Sensasi Motor Kopling Ini Bikin Kangen

Yang kangen motor kopling silakan masuk!

Unsplash/Harley-Davidson

Jakarta, IDN Times - Ada yang masih ingat Honda Tiger? Yup, motor kopling satu ini pernah hits banget pada era 2000-an. Saat itu populasi Tiger begitu banyak sehingga kerap dijuluki raja jalanan. Komunitas motor dari pabrikan sebelah sayap ini juga sangat eksis.

Tapi Honda Tiger kini seolah punah disapu gelombang motor-motor matik. Beberapa motor berkopling lain bernasib serupa, seperti Suzuki Thunder, Yamaha Scorpio, serta Yamaha Vixion. Motor-motor kopling yang dulu mendominasi jalanan kini terpinggirkan.

Sebab motor matik menawarkan kepraktisan yang sulit ditawar. Apalagi jalanan kini semakin macet, semakin menyiksa para penunggang motor kopling. So, jangan heran kalau skuter matik semakin menggila. 

Tapi ada sensasi motor kopling yang gak akan kamu temui di motor matik. Apa saja sensasi tersebut?

Baca Juga: 5 Tips Melakukan Perawatan Motor Kopling

1. Engine brake

pexels.com/Nikolai Ulltang

Kalau kamu naik motor kopling, kamu bisa merasakan sensasi engine brake. Engine brake adalah teknik menurunkan kecepatan dengan cara memindahkan transmisi ke gigi yang lebih rendah.

Teknik ini biasanya dilakukan saat akan melahap tikungan. Sensasinya benar-benar mengasyikkan. Nah, sensasi inilah yang selalu dirindukan para pencinta motor kopling yang kini hijrah ke motor matic

Oya, engine brake juga bisa meringankan beban pengereman motor. Sebab, untuk menurunkan kecepatan, biker motor kopling tak harus menekan tuas rem. Engine brake ini sangat berguna ketika kamu melintas di turunan.

2. Bleyer tuas gas

Unsplash/Jan Starek

Kalau kamu naik motor kopling, kamu bisa memainkan tuas gas. Pertama tarik lalu tahan tuas kopling, masukkan gigi, lalu mainkan tuas gas. Biasanya teknik ini disebut bleyer.

Konon teknik ini bisa dilakukan untuk membersihkan kerak pada mesin dan knalpot, Tapi jangan sering-sering membleyer ya, sebab suara knalpotnya pasti akan mengganggu sekitarmu.  

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Motor Matic Lebih Laris daripada Motor Sport dan Bebek

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya