TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Biaya Charge Motor Listrik Subsidi di Rumah Daya 450 Va dan 900 Va

Harga murah dan gak ribet!

Tempat Pengisian Daya Motor Listrik (Antara News/en.antaranews.com)

Jakarta, IDN Times - Motor listrik subsidi sudah dapat dibeli oleh masyarakat yang telah memenuhi syarat-syarat. Ketentuan yang diberlakukan adalah satu NIK KTP untuk satu unit motor listrik subsidi. 

Dengan subsidi tersebut pastinya peminat motor listrik akan semakin bertambah. Namun, masih banyak yang belum tau soal biaya charge motor listrik di rumah daya 450 Va dan 900 Va. Nah, biar gak penasaran, simak informasinya berikut ini.

Baca Juga: Syarat dan Cara Dapat Subsidi Motor Listrik, Mudah Banget!

Baca Juga: Daftar Harga Motor Listrik Setelah Subsidi, Harganya Terjangkau!

1. Biaya charge motor listrik subsidi di rumah

Motor listrik baru AHM (IDN Times/Fadhliansyah)

Berbeda dengan motor berbahan bakar bensin, motor listrik diklaim jauh lebih hemat. Untuk mengetahui biaya yang dibutuhkan dalam satu kali pengecasan motor listrik subsidi di rumah sangat mudah. Kamu hanya harus mengalikan tegangan listrik dari PLN dengan arus listrik maksimal yang akan dialirkan ke motor listrik milik mu.

Baca Juga: Perbedaan Sepeda Listrik dan Motor Listrik!

2. Charge motor listrik subsidi di rumah daya 450 Va

Baterai Yamaha Neo's (Paultan)

Sebagai catatan, tegangan listrik yang dialirkan adalah sebesar 220 volt. Sedangkan untuk baterai motor listrik, tegangannya ada di angka 450 Va, dan memiliki input arus maksimal sebesar 1,6 ampere. Jadi cara menghitung tegangan listrik dari PLN adalah dikalikan dengan arus listrik maksimal motor yaitu, 220 volt x 1,6 ampere = 150 watt.

Lalu, hanya perlu menghitung lama waktu pengisian daya baterai. Jika pengisian daya penuh butuh waktu empat jam, maka kamu tinggal mengalikan 350 watt dengan durasi pengisian daya. Hasil yang didapat adalah 1,4 kWh. 

Selanjutnya kamu tinggal mengalikan nilai ini dengan biaya pemakaian listrik per kWh dari PLN. Untuk satu kali pengisian daya motor listrik 450 Va, kamu hanya mengeluarkan biaya Rp581. Jika pengisian daya dilakukan setiap hari, maka dalam satu bulan biaya charge motor listrik subsidi di rumah daya 450 Va yang diperlukan adalah sebesar 30 x Rp581, dengan hasil Rp17.430 ribu.

Baca Juga: Syarat dan Cara Dapat Subsidi Motor Listrik, Mudah Banget!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya