TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu STNK Only Saat Mau Beli Motor Bekas? Ini Penjelasannya

Beli motor murah hanya dibekali STNK saja? Patut diwaspadai!

Ilustrasi STNK (ANTARA Foto/Rosa Panggabean)

Bagi masyarakat Indonesia, motor merupakan transportasi andalan. Dengan ukuran yang lebih kecil, mobilitas yang kita lakukan pun jadi lebih dinamis dengan adanya motor. Itulah mengapa penjualan motor disini ibarat bak menjual kacang goreng, terutama jika dibanderol dengan harga yang menarik.

Beberapa motor-motor murah ini seringkali mencantumkan kata STNK only di beberapa platform jual beli daring. Lalu STNK only artinya apa sih? IDN Times akan jabarkan informasinya berikut ini!

1. STNK only artinya...

Ilustrasi STNK (IDN Times/Irma Yudistirani)

Kamu pasti banyak melihat istilah-istilah ini saat sedang melihat akun jual beli motor di situs penjualan daring dan bertanya-tanya, apa sih arti dari STNK only ini?

STNK only artinya adalah motor yang diperjualbelikan hanya memiliki STNK saja untuk dokumen kelengkapannya, tanpa ada BPKB. STNK only ini biasanya disematkan pada keterangan postingan penjualan motor bekas dari pemilik perseorangan. Sedangkan jika kita membeli motor langsung dari dealer resmi, tentu dokumen motor yang akan kita dapatkan adalah STNK dan BPKB.

Baca Juga: Perpanjang STNK 5 Tahunan, Siapkan Uang Segini

2. Membeli motor dengan STNK saja, apakah layak?

Ilustrasi Motor (pexels.com/Alan Biju)

Motor dengan kelengkapan hanya berupa STNK saja memang menawarkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan motor dengan dokumen yang lengkap. Namun, apakah membeli motor dengan STNK only itu sepadan dengan uang yang kita keluarkan?

Kelengkapan dokumen dalam sepeda motor itu sangat krusial. BPKB merupakan bukti sah kepemilikan atas suatu kendaraan bermotor, sedangkan STNK adalah memuat nomor mesin dan rangka dari kendaraan bermotor yang digunakan. Jika motor yang akan kamu peroleh hanya dibekali STNK saja, patut diwaspadai barangkali motor tersebut diperoleh melalui tindakan yang melanggar hukum.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan akibat motor STNK only ini, alangkah baiknya untuk membeli motor dengan dokumen kendaraan yang lengkap. Sehingga kamu pun tidak perlu khawatir terjadi kejadian yang tak diinginkan akibat motor yang kamu miliki dokumen kendaraannya tidak lengkap.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya