Comscore Tracker

5 Motor yang Dibekali dengan Mesin Mobil, Punya Tenaga Besar

Motor bertenaga mobil, mana pilihanmu?

Menempatkan mesin mobil ke dalam sepeda motor pada umumnya adalah ide yang tidak lazim, tapi hal itu sudah pernah dilakukan beberapa dekade lalu. Biasanya, sepeda motor bermesin mobil merupakan hasil modifikasi yang sengaja dibuat untuk menarik perhatian orang, bukan untuk menghasilkan performa yang baik.

Namun, bukan tidak mungkin di kemudian hari bisa diproduksi massal sepeda motor bertenaga mobil. Menarik kan? Berikut ini adalah sepeda motor dengan mesin mobil yang pernah dibuat.

1. Dodge Tomahawk V10

5 Motor yang Dibekali dengan Mesin Mobil, Punya Tenaga Besarmoneyinc.com

Dibuat oleh RM Motorsports, mungkin Dodge Tomahawk adalah motor bermesin mobil paling terkenal yang pernah dibuat. Dilengkapi dengan mesin 8.3-liter V10 milik mobil SRT Viper 2003, Tomahawk menghasilkan kekuatan yang setara 510 tenaga kuda dari torsi mesin.

Kecepatan tertinggi yang bisa dicapai oleh Tomahawk adalah 482 km/jam. Namun, Tomahawk tidak pernah dipasarkan ke publik sebagai konsekuensi karena tidak pernah menjalani tes layak jalan.

2. Aurora V8 Hellfire OZ26

5 Motor yang Dibekali dengan Mesin Mobil, Punya Tenaga Besarautoevolution.com

Aurora Hellfire adalah karya gila dari teknisi Australia. Dirancang oleh mantan pebalap motor, Vincent Messina, Hellfire punya bobot 265 kg dan mampu menghasilkan kekuatan setara 417 tenaga kuda dari mesin mobil V8 2.575 cc. Untuk diketahui, motor komersil tercepat saat ini, Kawasaki H2, hanya dibekali mesin 1.000 cc yang menghasilkan kekuatan setara 210 tenaga kuda.

3. Millyard Viper V10

5 Motor yang Dibekali dengan Mesin Mobil, Punya Tenaga Besarmotorcyclenews.com

Jika kamu kecewa mengetahui Dodge Tomahawk tidak pernah diproduksi massal, tidak perlu khawatir karena Allen Millyard memberi solusi. Menggunakan mesin 8.000 cc V10 milik mobil SRT Viper, bengkel motor asal Inggris milik Millyard mampu menciptakan motornya sendiri dengan kekuatan besar yang dihasilkannya setara 500 tenaga kuda.

Millyard mengklaim bahwa motornya bisa dikendarai dengan aman di jalanan kota. Hasil tes kecepatan yang dilakukan oleh Motor Cycle News menunjukkan kecepatan tertinggi yang bisa dicapai oleh Viper adalah 333 km/jam.

Baca Juga: 5 Motor Ini Cuma Dirilis 1 Unit di Indonesia

4. Track T800-CDi

5 Motor yang Dibekali dengan Mesin Mobil, Punya Tenaga Besarautowise.com

Track T800-CDi adalah motor untuk keperluan militer. Dibuat oleh oleh perusahaan asal Belanda bernama EVA Products. Motor ini dilengkapi dengan mesin diesel dan digunakan oleh the North Atlantic Treaty Organisation (NATO) sejak awal 1980-an.

T800 menggunakan mesin turbo diesel tiga silinder milik mobil Smart Fortwo yang menghasilkan kekuatan setara 50 tenaga kuda, sama dengan motor milik pabrikan asal Jerman, BMW R1200 GS.

5. Van Veen OCR1000

5 Motor yang Dibekali dengan Mesin Mobil, Punya Tenaga Besarodd-bike.com

Van Veen OCR1000 adalah motor yang keren. Pada akhir 1970-an, Henk Van Veen punya rencana untuk membuat motor super. Untuk mewujudkannya, dia mengambil mesin Comotor 624 yang punya kekuatan setara 107 tenaga kuda dari mobil Citroen GS Birotor, sebuah mesin kecil yang pas dengan rangka motor buatannya.

Secara menyeluruh, Van Veen membuat 38 unit OCR1000, dimana motor ini mampu mencapai kecepatan tertinggi 217 km/jam. Namun, motor ini mendapat respon negatif dari publik karena tampilannya dan fitur keselamatan yang minim.

Nah, itu tadi sepeda motor yang dibekali dengan mesin mobil agar bisa menghasilkan tenaga yang besar. Menarik bukan?

Baca Juga: 9 Motor Ini Akan Menyandang Status Klasik dan Cocok Untuk Investasi

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You