Comscore Tracker

Bau Gosong dan 5 Gejala Ini Timbul Saat Kampas Kopling Habis, Ganti!

Mesin seperti gak bertenaga

Mungkin kamu pernah mengalami gejala motor rasanya kok 'boyo' banget alias tarikannya berat, gak seperti dulu pas awal beli. Mungkin itu efek dari kampas kopling yang minta diganti. Kampas kopling sendiri merupakan suatu part yang ada di dalam mesin yang mempunyai peran sebagai penyalur tenaga yang dihasilkan ruang bakar ke roda.

Kampas kopling ini merupakan letak pemutus dan penyambung, nih. Selain akan terasa berat tadi, ada lima tanda lain yang menjadi alert buat kamu untuk mengganti kampas kopling segera, nih.

1. Akselerasi jadi lambat

Bau Gosong dan 5 Gejala Ini Timbul Saat Kampas Kopling Habis, Ganti!Pixabay/Cock-Robin

Satu tanda awal yang kamu rasakan saat kampas kopling sudah hampir habis ya akselerasi jadi lambat banget, gak responsif seperti dulu lagi. Tarikan awal serasa berat dari posisi berhenti sampai dengan jalan.

Mesin butuh putaran 'gas' lebih dalam dibanding biasanya. Nah, jika kamu mendapati hal serupa, mending coba cek kampas koplingnya deh, siapa tahu memang sudah habis.

2. Sering slip kopling

Bau Gosong dan 5 Gejala Ini Timbul Saat Kampas Kopling Habis, Ganti!Unsplash/Ben Dutton

Sering mengalami slip kopling juga jadi gejala saat kampas kopling sudah mulai habis. Di mana tenaga mesin tak bisa disalurkan secara sempurna karena terjadi slip alias kampas tak dapat lagi mencengkeram antar plat untuk menyalurkan tenaga di area kampas kopling. Tentu saja mesin akan meraung lebih dari normalnya untuk mencapai top speed.

Baca Juga: Bikin Mesin Gak Nyala, Kenali 5 Penyebab Kompresi di Motor Hilang

3. Bau gosong di bak kopling

Bau Gosong dan 5 Gejala Ini Timbul Saat Kampas Kopling Habis, Ganti!Pixabay/AdinaVoicu

Saat kampas kopling habis, akan ada bau gosong yang timbul dari bak kopling. Hal ini bisa saja terjadi karena gesekan antar plat besi dan kampas yang habis sehingga menimbulkan panas berlebih. Ya, oli di mesin pun seperti dipanaskan dan bau gosong akan timbul.

4. Pemindahan gigi terasa kasar dan keras

Bau Gosong dan 5 Gejala Ini Timbul Saat Kampas Kopling Habis, Ganti!Pixabay/Free-Photos

Pemindahan gigi yang lebih kasar dan berat juga menjadi tanda bahwa kamu sudah saatnya mengganti kampas kopling di motor kesayangan. Jika terjadi hal ini, pasti kamu yang sering memakai motor bakal merasa beda saar pemindahan gigi, dari yang semula halus serta tak perlu effort lebih sekarang jadi terbalik.

5. Tarikan kopling keras

Bau Gosong dan 5 Gejala Ini Timbul Saat Kampas Kopling Habis, Ganti!Instagram.com/ktmduke_fans

Jika kamu pengguna motor batangan alias motor laki dengan kopling manual. Tarikan tuas kopling yang sudah mulai keras juga tanda berikutnya untuk mengganti kampas kopling di motor lho, guys.

Dan yang paling parah motor bisa gak jalan

Nah, jika kampas kopling sudah habis dan tak kunjung diganti bisa saja motor kamu malah gak jalan lho guys, hanya suara mesinnya yang meraung.

Itu beberapa tanda saatnya kamu mengganti kampas kopling. Saat mengalami gejala seperti itu, ada baiknya segera cek motor kesayangan kamu ya! Biar kembali prima dan siap melibas kemacetan.

Baca Juga: Kopling Mobil Sering Rusak? Hindari Kebiasaan Ini Saat Berkendara

Inibudi nya Photo Verified Writer Inibudi nya

Starling Addict, penyuka benda klasik dan kamu. Biasa bicara di IG @budinyi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya