Comscore Tracker

5 Gejala Ini yang akan Kamu Alami Saat Kiprok Motor Rusak, Segera Cek!

Melihat peran kiprok penting, kudu segera diganti saat rusak

Secara singkatnya kiprok menjadi part kecil namun punya peran yang besar. Sebagai penyearah tegangan dari spul yang tentu saja fungsinya penting banget dan bakal bikin kelistrikan di motor jadi gak bekerja dengan semestinya saat kiprok rusak.

Apalagi jika motor kamu sudah berteknologi injeksi dengan beragam sensor sensornya. Hmm, rawan rusak deh. Nah, ada beberapa gejala saat kiprok sudah mulai rusak dan harus segera kamu diganti. Berikut ini 5 gejalanya!

1. Lampu sering putus

5 Gejala Ini yang akan Kamu Alami Saat Kiprok Motor Rusak, Segera Cek!Instagram.com/depo_oto

Gejala yang sering timbul saat kiprok rusak yakni, lampu motor yang putus tiba-tiba pas dibawa 'ngebut'. Hal itu terjadi karena kiprok tak lagi dapat membatasi tegangan menuju lampu khususnya. Dan saat tegangan melebihi kemampuan menerima yang biasa 12v maka akan sering putus.

Ya, meskipun kamu ganti terus bahkan yang harganya mahal sekalipun. Jadi, saat lampu motor sering putus, coba cek dulu tegangannya ya guys, normalnya sih 12-14v.

2. Aki tekor

5 Gejala Ini yang akan Kamu Alami Saat Kiprok Motor Rusak, Segera Cek!Pixabay/Capri23auto

Kiprok rusak juga berimbas pada kemampuan menyimpan tegangan accu akan berkurang dan menjadikan jadi drop. Eits, jangan dulu ganti yang baru saat kamu mengalami aki motor soak. Pastikan pengisian dari kiprok normal gak drop atau over volt ya.

Baca Juga: 5 Sensasi Kendarai Motor 2 Tak yang Gak Ada di Motor Sekarang

3. Lampu jadi redup

5 Gejala Ini yang akan Kamu Alami Saat Kiprok Motor Rusak, Segera Cek!Unsplash/Taylor Wilcox

Selain tegangan berlebih, kiprok yang rusak juga menjadikan tegangan di bawah standar. Alhasil, sistem kelistrikan jadi terganggu, macam lampu penerangan yang jadi redup.

4. Timbul gejala brebet pada motor

5 Gejala Ini yang akan Kamu Alami Saat Kiprok Motor Rusak, Segera Cek!Pixabay/Trinity_eRoller

Nyatanya, saat peranti motor yang namanya kiprok rusak. Selain yang tadi sudah dibahas, gejala lainnya juga timbul kayak motor jadi brebet pas diajak riding. Bukan karena bensin mau habis atau karburator maupun injektor yang kotor ya, melainkan memang tegangan dari kiprok yang sudah gak stabil. Saat kamu mengalami hal serupa, coba deh cek di bengkel langganan biar cepat ditangani dan gak merembet ke part lain.

5. Mesin motor gak bisa menyala

5 Gejala Ini yang akan Kamu Alami Saat Kiprok Motor Rusak, Segera Cek!Instagram.com/m.novianr

Dan yang paling parah saat kiprok rusak tentu saja mesin motor gak bisa menyala. Kok bisa terjadi sih? Ya, karena orang sering abai dengan tanda-tanda awal seperti poin sebelumnya. Nah, terjadinya pembiaran malah bikin kiprok yang sudah memberikan gejala semakin parah. 

Nah, gimana guys? Ada yang pernag mengalami kiprok rusak, yuk langsung dicek ke bengkel langganan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Motor Matic Lebih Laris daripada Motor Sport dan Bebek

Inibudi nya Photo Verified Writer Inibudi nya

Starling Addict, penyuka benda klasik dan kamu. Biasa bicara di IG @budinyi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya