Comscore Tracker

Bikin Motor Matic Tambah Nyaman Buat Touring dengan Modif 5 Part Ini

Modifikasi beberapa bagian ini biar makin kece!

Bagi yang hobi banget jalan-jalan sama motor pasti tahu banget motor yang enak buat touring jarak jauh. Yup, motor batangan alias motor laki pasti yang dipilih. Karena mesinnya yang berkapasitas cukup besar sekaligus cukup stabil pada kecepatan tinggi menjadikan ini sebagai pilihan.

Namun bagi kamu yang suka pakai motor matic, bisa juga kok dibikin tak kalah nyaman sama motor batangan saat dipakai touring. Begini nih cara mudahnya, check this out guys!

1. Meninggikan kaki-kaki

Bikin Motor Matic Tambah Nyaman Buat Touring dengan Modif 5 Part IniInstagram.com/m.novianr

Hal pertama yang perlu kamu rubah agar motor matic kamu  lebih enak dibuat touring, yakni dengan merubah bagian kaki-kaki. Kamu bisa meninggikan agar ground clearence matic jadi lebih tinggi dari standarnya.

Biar gak mentok pas melibas lubang di jalan. Yang mana bakal kamu temui beragam bentuk jalan dari yang mulus sampai bergelombang.

2. Ganti ban jadi lebih gambot

Bikin Motor Matic Tambah Nyaman Buat Touring dengan Modif 5 Part IniInstagram.com/sat29sun14

Berikutnya setelah meninggikan kaki-kaki, mengganti ban dengan yang sedikit lebih gambot agar lebih nyaman lagi, terlebih lewat jalan yang gak terlalu mulus. Ban yang gambot cenderung meredam lebih baik dari ban ukuran lebih kecil.

Namun, penggantian ban lebar juga kudu dibarengi dengan mengganti ukuran velg motor ya, biar tetap proporsional bentuk dan fungsinya. Semisal menggunakan ukuran ban 110/80 paling gak kamu harus menggunakan velg dengan lebar 2.15 inci.

Baca Juga: 5 Tips Dasar Merawat Motor Matic Agar Tetap Awet

3. Menggunakan stang lebar dan pasang hand guard

Bikin Motor Matic Tambah Nyaman Buat Touring dengan Modif 5 Part IniInstagram.com/tunasmotorcirebon

Di bagian stir juga perlu mendapatkan ubahan. Kamu bisa merubah stang standar dengan yang lebih lebar. Atau kalau gak mau banyak merubah karena dilema pas mau bikin ke kondisi standar bisa pasang jalu stang atau stabilizer pada stang. Eits, pasang hand guard juga biar pergelangan tangan juga aman.

4. Memasang Box

Bikin Motor Matic Tambah Nyaman Buat Touring dengan Modif 5 Part IniInstagram.com/galerymatictouring

Touring memakan waktu yang gak sebentar. Lantas diperlukan barang bawaan dan bekal yang memadai juga dong. Alhasil, memasang box tambahan di motor matic sepertinya cukup dianjurkan. Box di sini bakal membantu banget membawa pakaian, bekal serta perkakas motor macam obeng, kunci ring pas yang mana dibutuhkan saat mengalami kendala di jalan sepi dan malam saat kesulitan mencari bantuan.

5. Menambah busa jok

Bikin Motor Matic Tambah Nyaman Buat Touring dengan Modif 5 Part IniInstagram.com/kh.irl_a7

Menempuh jarak yang cukup jauh juga memakan waktu yang gak sebentar. Membuat jok yang empuk dan tebal menjadi sangat diperlukan. Kamu bisa modifikasi jok dengan busa yang lebih tebal dan bentuk yang pas buat diduduki biar gak begitu pegal pas touring.

6. Modifikasi area CVT

Bikin Motor Matic Tambah Nyaman Buat Touring dengan Modif 5 Part IniInstagram.com/am_scooterservice

Nah,buat yang terakhir kamu bisa merubah sedikit bagian CVT, yakni roller. Sebagai penyalur tenaga mesin menuju ban belakang lewat v-belt, mengganti ukuran roller sangat berpengaruh.

Semisal ukuran roller yang ringan cenderung lebih enak buat akselarasi. Sebaliknya ukuran yang sedikit lebih berat akan enak untuk putaran atas. Jadi untuk perjalanan jauh yang lebih enak jika menggunakan roller dengan yang lebih berat dari standar, melihat jalan yang daerah cenderung lebih lengang dan gak macet-macet banget. 

Atau kalau mau lebih kencang lagi, kamu bisa membeli paket bore up yang sudah banyak untuk motor matic. Kapasitas mesin jaid bertambah hingga larinya makin enak. Dan, gak pakai ribet, karena sudah plug and play.

Gimana, sudah siap buat touring pakai motor matic kesayangan gak nih?

Baca Juga: Tips Merawat Motor Matic Agar Tak Membahayakan Jika Dikendarai

Inibudi nya Photo Verified Writer Inibudi nya

Penikmat kopi saset an, punya satu IG yang sunyi di @budinyi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya