Comscore Tracker

3 Kesalahan Biker Ini Sering Dilakukan di Bulan Puasa

Salah satunya gas pol mengejar waktu berbuka

Jakarta, IDN Times - Naik sepeda motor memang jadi pilihan paling praktis untuk beraktivitas di perkotaan. Tapi di bulan puasa seperti ini, naik motor bisa jadi sangat menguras energi.

Sebab biker pasti akan sering terpapar sinar matahari yang gak hanya bikin gerah tapi juga haus. Belum lagi kemacetan dan bising knalpot yang kadang membuat kita naik darah.  

Enaknya sih berleyeh-leyeh di rumah saja selama puasa, tapi ekpekstasi memang sering gak sesuai dengan realitanya. 

Nah, kalau kamu harus keluar rumah, hindari beberapa kesalahan yang kerap dilakukan para biker saat motoran di bulan puasa.

1. Memaksa naik motor meski tubuh terasa lemas

3 Kesalahan Biker Ini Sering Dilakukan di Bulan PuasaIDN Times/Dwi Agustiar

Pada hari-hari pertama puasa, biasanya tubuh akan terasa lebih lemas dari biasanya. Ini karena tubuh masih beradaptasi. Karena itu jangan memaksakan diri naik sepeda motor jika tubuh terasa lemas.

Sebab tubuh yang lemas akan membuat kita menjadi kurang fokus saat berkendara. Kalau sudah begitu, risikonya bisa fatal. Untuk menyiasati agar tubuh tidak lemas, kamu bisa mengonsumsi makanan dengan asupan energi yang cukup saat sahur.

Baca Juga: Begini Cara Bikin SIM Online, Praktis Banget! 

2. Gas pol mengejar waktu berbuka

3 Kesalahan Biker Ini Sering Dilakukan di Bulan Puasa

Menjelang berbuka, biasanya banyak biker memacu sepeda motor mereka. Alasannya, mengejar magrib sehingga bisa berbuka di rumah. Padahal gak harus ngoyo begitu. Sebab risikonya terlalu besar.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa menyiapkan camilan sebagai bekal di perjalanan. Sehingga saat azan magrib berkumandang sementara kamu terjebak di jalan, kamu bisa berbuka dengan camilan tersebut.

3. Asal parkir di tempat berbuka

3 Kesalahan Biker Ini Sering Dilakukan di Bulan PuasaIlustrasi Parkir Motor (IDN Times/Sunariyah)

Jika kamu harus menepi untuk berbuka, carilah parkiran yang aman dan tidak mengganggu pengendara lain. Jangan sampai kamu enak-enak berbuka puasa tapi motormu yang diparkir sembarangan membuat laju lalu lintas tersendat.

Dan selalu terapkan protokol kesehatan saat berbuka di keramaian, ya. Sebab virus corona masih menjadi ancaman nyata. Selain itu jangan lupa untuk selalu menggunakan helm dan membawa SIM serta STNK.

Selamat menjalankan ibadah puasa!

Baca Juga: Cara Menyetel Karburator Motor, Biar Langsam dan Irit

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya