Comscore Tracker

Santun Berkendara di Jalan Raya, Ini 5 Tip Saat Menyalip

Salah satunya jangan menyalip di tikungan

Jakarta, IDN Times - "Alon-alon asal kelakon," begitu kata orang bijak. Tapi ada situasi ketika kita harus begerak cepat. Misal saat mengejar pesawat atau kebelet pipis. Kalau sudah begini, menyalip kendaraan menjadi hal yang terhindarkan.

Nah, berikut beberapa tip menyalip agar perjalananmu bisa lebih cepat namun tetap aman. Sebab banyak kecelakaan terjadi karena salah perhitungan saat menyalip. Oya, menyalip itu gak harus ngebut, loh!

1. Jangan menyalip di tikungan

Santun Berkendara di Jalan Raya, Ini 5 Tip Saat MenyalipUnsplash Colton Duke

Aturan pertama adalah jangan pernah menyalip di tikungan. Sebab kamu gak bisa melihat kondisi jalan di balik tikungan tersebut. Bisa jadi ada truk yang sedang melaju kencang, bisa jadi pula ada pohon tumbang yang batangnya melintang di jalan di balik tikungan. Intinya, apa pun alasannya, selama bukan di sirkuit, jangan pernah menyalip di tikungan.

Baca Juga: Tips Merawat Aki, Biar Motor Gak Mendadak Mogok

2. Hindari menyalip di tanjakan

Santun Berkendara di Jalan Raya, Ini 5 Tip Saat MenyalipUsplash/AdityaChinchure

Aturan kedua adalah jangan menyalip di tanjakan. Sebab mesin motor bekerja ekstra keras saat melahap tanjakan. Bisa-bisa motormu kehabisan tenaga sebelum berhasil menyalip. Akan sangat berbahaya jika ada kendaraan dari arah berlawanan. Karena itu sebisa mungkin jangan menyalip saat tanjakan, ya. 

3. Pastikan tak ada jalan berlubang

Santun Berkendara di Jalan Raya, Ini 5 Tip Saat MenyalipTwitter/tmcpoldametro

Selain memastikan tak ada kendaraan lain dari arah berlawanan, pastikan juga tak ada lubang di jalan. Sebab menyalip di jalan berlubang sangat berisiko terjatuh, apalagi jika lubangnya cukup besar. Selain itu menghantam lubang jalan juga bisa menyebabkan pelek motormu rusak, loh. 

 

4. Selalu menyalip dari sisi kanan

Santun Berkendara di Jalan Raya, Ini 5 Tip Saat MenyalipUnsplash/Jan Starek

Menyaliplah dari sisi kanan. Sebab memang begitu aturannya. Aturan ini dibuat demi keamanan semua pihak, termasuk pejalan kaki. Bayangkan kamu menyalip dari sisi kiri dan pada saat yang sama ada pejalan kaki yang sedang berjalan di sisi jalan.  

5. Bunyikan klakson sebelum menyalip

Santun Berkendara di Jalan Raya, Ini 5 Tip Saat MenyalipUnsplash/Abigail Keenan

Sebelum menyalip, bunyikan klakson dua kali. Ini penting agar kendaraan yang akan kamu salip mengetahui keberadaanmu. Dengan begitu ia akan memperlambat dan memberikan jalan buatmu.

Nah, dengan tip-tip di atas, kamu gak perlu ngebut atau gaspol saat menyalip. Sebab yang terpenting adalah perhitungan yang matang. Selain itu kamu juga harus tahu dengan pasti karakter motormu.

Baca Juga: Suzuki GSX-R150 Matt Edition Mengaspal, Lebih Kece & Sporty

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya