Comscore Tracker

Tiga Motor Honda Ini Berakhir Tragis

Nama besar Honda ternyata bukan jaminan laris manis

Jakarta, IDN Times - Honda boleh jadi pabrikan motor paling sukses di tanah air saat ini. Selama bertahun-tahun motor-motor berlogo sebelah sayap ini memenuhi jalanan Indonesia, mulai dari motor bebek, skuter matik, trail, hingga motor sport.

Yup, dominasi motor Honda di Indonesia memang tak terbantahkan. Tapi bukan berarti semua motor mereka laris manis di pasaran, lho. Sebab ada beberapa motor Honda yang ternyata sepi peminat sebelum akhirnya disuntik mati. Berikut beberapa di antaranya.

1. Honda CS-1

Tiga Motor Honda Ini Berakhir Tragisolx.co.id

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan motor ini. Desainnya oke meski agak out of the box pada masanya. Performa mesinnya juga gak bisa diremehkan.

Tapi pasar sepertinya bingung dengan spesies motor ini. Sebab, dibilang motor bebek tapi mirip motor sport. Dibilang motor sport tapi kok kecil seperti bebek.

Kerancuan semakin terlihat pada bagian kepala motor ini yang meniru desain MotoGP tapi kok setangnya mirip setang motor-motor bebek.

Agaknya, karena desain yang serba nanggung dan gak jelas inilah Honda CS-1 tak banyak dilirik publik otomotif tanah air.

Baca Juga: Cicilan Termurah All New Honda PCX 160

2. Honda Kirana

Tiga Motor Honda Ini Berakhir Tragisolx.co.id

Honda Kirana diluncurkan ketika penjualan Supra X 110 sedang moncer-moncernya, yakni pada 2002. Motor ini dibekali mesin 125 cc 4-stroke, single cylinder, air-cooled, yang mampu menghasilkan tenaga 6,7 kW pada putaran 7.500 rpm.

Cukup bertenaga pada zamannya. Tapi performa mesin saja tidak cukup untuk membuat motor ini berkibar di pasar tanah air. Sebab ada faktor lain yang agaknya dilupakan Honda, yakni desain.

Desain Honda Kirana dinilai tidak se-sporty Supra X dan cenderung mengotak sehingga terkesan kuno. Selain itu sistem pengereman motor ini juga masih menggunakan tromol. Padahal mesinnya cukup besar.

So, dua tahun setelah diluncurkan, Honda Kirana terpaksa disuntik mati.

3. Honda Spacy

Tiga Motor Honda Ini Berakhir Tragisolx.co.id

Motor Honda lain yang disuntik mati adalah Spacy. Motor yang mengandalkan bagasi super luas ini dihentikan produksinya pada 2018 karena sepi peminat.

Padahal motor ini dibekali mesin 108 cc empat langkah berpendingin udara yang mampu menyemburkan tenaga 8,6 dK dan torsi maksimum 8,9 Nm. Cukup bertenaga.

Sayangnya pasar tanah air sepertinya tidak menyukai desain motor ini sehingga terpaksa disuntik mati.

Baca Juga: Kawasaki W175TR SE Kini Dibanderol Rp24,9 Juta

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya