Comscore Tracker

5 Barang Ini Wajib Ada di Bagasi Motor

Membantu banget nih saat di perjalanan

Jakarta, IDN Times - Saat ini skutik-skutik keluaran terbaru telah dibekali bagasi yang luas. Lihat saja bagasi Yamaha NMAX yang berkapasitas 24 liter. Ukuran bagasi yang luas ini biasanya dimungkingkan berkat pemindahan posisi tangki bensin, yang semula di bawah jok dipindah ke bagian depan motor.

Dengan begitu, pabrikan bisa membuat ukuran bagasi yang lebih luas. Sementara untuk motor-motor tipe lain seperti motor sport, memang bagasi di bawah joknya enggak terlalu besar. Lalu, barang-barang apa sih yang wajib di bawa di bagasi motor?

1. Kunci L berbagai ukuran

5 Barang Ini Wajib Ada di Bagasi MotorIlustrasi kunci L (blibli.com)

Yang pertama harus kamu bawa adalah kunci L dengan ukuran lengkap, kunci L ini berfungsi penting buat membuka baut-baut di body motor kamu. Karena saat ini sambungan body motor terdiri dari beberapa model penguncian, ada yang memakai baut rivet, baut plus, dan juga baut L.

Jadi, seandainya motor kamu mengalami trouble di perjalanan, kamu bisa melakukan pengecekkan lebih leluasa dengan membuka body. Misalnya untuk motor seperti Yamaha NMAX misalnya, kamu harus membuka windshield dan cover body depan dengan kunci L untuk menjangkau kabel-kabel serta kiprok.

Baca Juga: 5 Skutik 150 CC dengan Bagasi Terluas 

2. Kunci busi sekaligus busi cadangan

5 Barang Ini Wajib Ada di Bagasi Motorbrothermotor.com

Selanjutnya kamu juga harus menyiapkan kunci busi sekaligus busi cadangannya. Hal ini bertujuan untuk jaga-jaga kalau motor kamu mendadak mati di jalan. Dengan adanya kunci busi, kamu bisa mengecek sendiri kondisi busi di motor kamu.

Dan setelah mengetahui kondisi busi yang sudah enggak bagus lagi, sebaiknya kamu segera menggantinya dengan busi cadangan. Oh iya, kunci busi ini biasanya menjadi toolkit standar yang diberikan pabrikan. Jadi jangan sekali-sekali mengeluarkannya dari bagasi, ya!

3. Obeng, tang dan kunci ring

5 Barang Ini Wajib Ada di Bagasi MotorSumber Gambar: infoklasik.print.kompas.com

Kemudian masih soal toolkit, kamu juga harus selalu menyiapkan obeng plus dan minus, tang, serta kunci ring dan pas yang ukurannya sesuai dengan motor kamu.

Karena berbagai kunci tersebut bisa membantu saat motor mengalami masalah di jalan, seperti misalnya mengencangkan mur as roda depan, atau yang lainnya.

4. Lap plas chamois dan microfiber

5 Barang Ini Wajib Ada di Bagasi MotorLap Microfiber untuk mempercepat penyerapan air dan mengangkat kotoran yang masih menempel pada permukaan sepatu (dekoruma.com)

Lap plas chamois atau yang lebih dikenal dengan sebutan kanebo ini menjadi salah satu yang penting untuk selalu ada di bagasi. Fungsi utamanya, untuk mengelap body dan jok motor setelah motor diguyur hujan di parkiran.

Sementara untuk microfiber, fungsinya juga mirip dengan plas chamois tetapi beda peruntukkan. Kamu bisa memakai lap microfiber untuk membersihkan shell dan visor helm setelah hujan-hujanan, tujuannya biar dua bagian itu enggak baret.

5. Jas hujan, cover bag, dan shoe cover

5 Barang Ini Wajib Ada di Bagasi Motorilustrasi suasana hujan (IDN Times/Reza Iqbal Ghifari)

Yang enggak boleh dilupakan adalah perlengkapan menerjang hujan. Pertama adalah jas hujan model setelan, yang lebih aman dan lebih maksimal menghalau air hujan. Jangan lupa juga bawa cover bag dan shoe cover, biar tas dan sepatu kamu enggak kebasahan.

Dengan membawa berbagai perlengkapan untuk menghadapi hujan, kamu enggak perlu mencari tempat berteduh lagi dan bisa langsung melanjutkan pertanyaan. Nah, itu tadi 5 barang penting yang sebaiknya selalu ada di bagasi motor. Mana menurut kamu yang paling penting?

Baca Juga: Kawasaki W175 Series Dapat Sentuhan Baru, Klasiknya Makin Fresh 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya