Comscore Tracker

Cara Gampang Merawat Traction Control System Motor

Fitur ini dulu cuma ada di moge

Jakarta, IDN Times - Motor-motor terbaru kini sudah dibekali fitur canggih bernama Traction Control System (TCS). Fitur ini awalnya hanya diberikan di motor-motor premium dengan cc besar alias moge (motor gede).

Tetapi sekarang ini motor-motor berkapasitas 150 CC seperti Yamaha NMAX dan Yamaha R15 terbaru sudah kebagian juga fitur TCS, lho. Nah untuk tahu lebih soal TCS, yuk kita bahas!

1. Fungsi TCS

Cara Gampang Merawat Traction Control System MotorIDN Times/Patiar Manurung

TCS adalah fitur keselamatan yang bekerja saat pengendara sedang melewati permukaan jalan yang licin dan rawan selip, seperti jalan yang basah sehabis diguyur hujan atau jalan berpasir. Dengan adanya TCS maka ban motor tidak akan mudah selip.

"Manfaat fitur keselamatan ini membuat pengguna motor semakin enjoy dalam menjalani kegiatannya karena dapat melewati kondisi jalan yang licin tanpa khawatir ban selip," ujar Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

Cara kerja TCS adalah speed sensor akan mengirimkan sinyal soal putaran roda ke ECU. Kalau terdeteksi perbedaan putaran yang berlebih pada roda belakang yang bisa membuat ban selip, maka ECU akan memundurkan waktu pengapian sekaligus menghentikan suplai bahan bakar sementara untuk mengurangi tenaga mesin dan mencegah terjadinya selip ban.

Baca Juga: Bikin Ngacir Honda Vario 160, Ganti Filter Udaranya

2. Cara mengetahui TCS berfungsi dengan baik

Cara Gampang Merawat Traction Control System MotorYamaha NMAX (IDN Times/Aditia Perdana Putra)

Ada dua cara untuk memastikan TCS pada motor berfungsi dengan baik. Yang pertama adalah melalui lampu indikator TCS di panel instrumen. Kalau lampu indikator tersebut terus menyala, maka ada kemungkinan perangkat TCS di motor mengalami kerusakan.

Cara kedua adalah dengan mengaktifkan fitur TCS lalu posisikan motor dalam standar tengah dan putar tuas gas. Kalau TCS dalam kondisi normal saat tuas gas dimainkan maka mesin akan brebet alias tersendat, karena ECU mengurangi tenaga mesin sehingga putaran roda juga berkurang.

Sebaliknya kalau TCS mengalami kerusakan maka mesin gak bakal brebet ketika tuas gas dimainkan.

3. Perawatan TCS

Cara Gampang Merawat Traction Control System MotorYamaha NMAX (Dok. YIMM)

Nah yang ketiga adalah bagaimana cara merawat TCS biar kondisinya optimal terus. Caranya gampang banget cukup rajin bersihkan area roda depan dan belakang secara rutin.

Hal itu lantaran TCS bekerja dengan memanfaatkan perangkat speed sensor yang terletak di roda depan dan belakang, maka area tersebut harus selalu dalam kondisi bersih biar TCS awet. Jangan lupa ridingnya juga harus hati-hati nih, biar speed sensornya gak sampai kena benturan.

Baca Juga: All New Honda Vario 160: Harga dan Spesifikasi 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya