Comscore Tracker

Gegara Lubang Kecil Ini, Motor Bisa Mendadak Mogok di Jalan!

Masalah ringan tapi bisa bikin motor mogok

Jakarta, IDN Times - Banyak faktor yang bisa membuat motor mendadak mogok di tengah jalan. Bisa karena aki tekor, pengapian motor bermasalah, hingga kehabisan bensin.

Semua faktor di atas sebenarnya bisa diprediksi karena memang kerap terjadi. Tapi ada beberapa penyebab aneh yang membuat motor mendadak mogok. Aneh karena faktor ini jarang banget disadari para biker.

1. Motor mogok mendadak bisa disebabkan hal sepele

Gegara Lubang Kecil Ini, Motor Bisa Mendadak Mogok di Jalan!Pexels.com/Gijs Coolen

Penyebab motor mogok di jalan memang gak melulu karena kerusakan mesin atau kerusakan berat lainnya, tapi bisa juga karena penyebab yang sebenarnya cukup sepele, yakni karena lubang hawa tertutup kotoran.

Kok bisa sih masalah ini menyebabkan motor mogok?

Baca Juga: Test Ride Yamaha Fazzio ke Gunung: Tarikan Ringan, Bensinnya Irit!

2. Lubang hawa atau breather hole bisa jadi penyebab mogok

Gegara Lubang Kecil Ini, Motor Bisa Mendadak Mogok di Jalan!Lubang hawa atau breather hole di tutup tangki bensin motor (IDN Times/Fadhliansyah)

Lubang hawa ini bisa kamu temukan di balik tutup tangki bensin motor kamu. Coba deh dicek pasti akan kelihatan sebuah lubang kecil yang ukurannya cuma sekitar 1 milimeter.

Nah kalau lubang hawa atau bahasa resminya breather hole itu gak ada, maka tangki bensin bakal kedap udara dan bensin gak bisa mengalir. Itulah yang membuat motor bisa mendadak mogok.

3. Lubang hawa bisa tertutup kotoran

Gegara Lubang Kecil Ini, Motor Bisa Mendadak Mogok di Jalan!Lubang hawa bisa tertutup kotoran atau barang yang diletakkan di atas tutup tangki (IDN Times/Fadhliansyah)

Seiring pemakaian, lubang hawa ini bisa tertutup oleh kotoran atau benda-benda lainnya. Seperti misalnya menaruh barang seperti jas hujan di atas tangki motor yang biasanya dilakukan oleh pengguna motor bebek karena tidak ada bagasi.

Kalau sudah begitu, maka lubang hawa akan tertutup sehingga motor tiba-tiba bisa mati. So, coba dicek deh apakah ada barang-barang yang menutupi lubang hawa di motor kamu, sebelum motor mendadak mogok di jalan.

Baca Juga: Simulasi Kredit All New Honda Vario 160 ABS

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya