Comscore Tracker

Royal Enfield Siapkan Himalayan Listrik, Desain Lebih Futuristik

Desainnya cukup berbeda dari Himalayan konvensional

Jakarta, IDN Times - Di tahun 2022 ini, Royal Enfield sudah merilis empat motor baru di India. Keempatnya yaitu Royal Enfield Scram 411, New Classic 350, New Hunter 350, dan Super Meteor 650.

Sepertinya kuota motor baru yang dirilis Royal Enfield sudah habis untuk tahun ini. Dari motor-motor baru tersebut, di Indonesia baru ada New Classic 350 saja. Besar kemungkinan model-model lainnya akan menyusul nantinya.

Bicara soal perkembangan kendaraan roda dua, Royal Enfield memang masih terlihat nyaman di segmen motor klasik dan retro. Apalagi, Royal Enfield bisa dibilang memonopoli segmen tersebut di India.

Baca Juga: Sejarah Royal Enfield, Dulunya Pabrik Senjata Api

1. Motor listrik Royal Enfield

Royal Enfield Siapkan Himalayan Listrik, Desain Lebih FuturistikBocoran gambar motor listrik Royal Enfield (Autocarindia.com/Rushlane)

Tetapi, bukan berarti Royal Enfield enggak mengikuti perkembangan ya. Karena baru-baru ini muncul bocoran gambar calon motor listrik pertama Royal Enfield, yang bernama Electrik01.

Kalau diperhatikan, desainnya sangat radikal, berbeda jauh dari motor-motor yang selama ini dibuat Royal Enfield.

Bagian yang mencolok dari gambar tersebut ialah suspensi depan model girder, sebuah teknologi suspensi pada motor-motor klasik yang sudah gak ditemui lagi di motor-motor keluaran baru.

2. Renderan digital motor listrik Royal Enfield lainnya

Royal Enfield Siapkan Himalayan Listrik, Desain Lebih FuturistikRenderan digital Royal Enfield Himalayan listrik (Bikewale/Rushlane)

Enggak sampai di situ, ternyata Royal Enfield bukan cuma sedang mengembangkan motor listrik pertamanya saja. Mengutip Rushlane, Royal Enfield juga dikabarkan akan membuat Himalayan versi listrik ke depannya. Seperti diketahui, Himalayan ialah motor adventure berdesain klasik andalan Royal Enfield.

Dari renderan digital yang muncul, Himalayan versi listrik ini terlihat sedikit futuristik, walaupun masih ada aura klasik yang disematkan. Terlihat juga kaki-kakinya masih menggunakan spesifikasi motor adventure, dengan suspensi jenjang, ukuran roda belang (21 depan dan 17/18 belakang), pelek jari-jari, serta half fairing dengan visor tinggi.

Baca Juga: Mengintip Desain Motor Listrik Pertama Royal Enfield, Klasik Banget!

3. Motor listrik Royal Enfield akan dirilis 2026

Royal Enfield Siapkan Himalayan Listrik, Desain Lebih FuturistikIDN Times/Dwi Agustiar

Himalayan listrik ini menggunakan motor listrik di tengah, lalu tenaga akan disalurkan ke roda belakang lewat rantai. Karena masih tahap konsep, belum diketahui bagaimana spesifikasi motor listrik atau baterainya. Namun, sebagai sebuah motor adventure, pastinya Himalayan listrik ini akan punya jarak tempuh yang jauh.

Jarak tempuh yang jauh berarti harus menggunakan baterai dengan kapasitas besar, yang bisa membuat harga motor ini jadi lebih mahal. Oya, kabarnya Royal Enfield akan merilis motor listrik pertamanya beberapa tahun lagi atau kabar yang kuat sekira 2026 mendatang.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya