Comscore Tracker

Yamaha Tracer 9 GT Bakal Dibekali Radar, Ini Fungsinya

Versi dengan radar ini baru akan dirilis tahun depan

Jakarta, IDN Times - Yamaha diduga sedang menyiapkan teknologi motor baru yang dibekali dengan teknologi radar. Motor yang dimaksud ialah Yamaha Tracer 9 GT yang pada Juli 2022 lalu sempat tertangkap kamera sedang dites di jalan.

Pada motor yang sedang dites itu, terlihat ada sebuah cover plastik di antara kedua lampu depan Yamaha Tracer 9 GT yang kemungkinan dijadikan tempat untuk menyimpan sensor radar. Hal itu kemudian terkonfirmasi lewat gambar paten Yamaha Tracer 9 GT.

1. Pada gambar paten terlihat ada sensor radar di lampu depan

Yamaha Tracer 9 GT Bakal Dibekali Radar, Ini FungsinyaPaten sensor radar Yamaha Tracer 9 GT (Rideapart)

Pada gambar paten itu, terkuak kalau Yamaha memang mendesain dudukan untuk sensor radar di Tracer 9 GT. Yamaha sepertinya memang sengaja mendesain radar ini agar tidak terlalu mencolok, dan memungkinkan pengendara untuk bisa memperbaiki sudut radar dengan mudah.

Selain itu, berbeda dari pabrikan lain yang mengekspos sensor radar pada motornya, Yamaha menyembunyikannya di balik cover pelindung. Tentu saja material covernya tidak mungkin terbuat dari bahan yang bisa mengganggu sensor radar, dan juga bisa melindungi radar dari kotoran serta serangga di perjalanan.

Baca Juga: KTM dan Bajaj Garap Motor Listrik Premium, Super Duke Listrik?

2. Fungsi sensor radar di Yamaha Tracer 9 GT

Yamaha Tracer 9 GT Bakal Dibekali Radar, Ini FungsinyaPaten Yamaha Tracer 9 GT 2023 (Rideapart)

Penggunaan radar pada Yamaha Tracer 9 GT ini, memungkinkan motor untuk dipasangi dengan fitur-fitur canggih seperti misalnya adaptive cruise control dan juga sistem pengereman mendadak.

Hal ini tentunya sangat membantu dalam hal kenyamanan serta keamanan pengendara, terutama ketika sedang berkendara dengan jarak yang cukup jauh.

3. Akan disematkan pada Tracer 9 GT 2023

Yamaha Tracer 9 GT Bakal Dibekali Radar, Ini FungsinyaPosisi sensor radar-nya bisa disesuaikan seperti mengatur posisi lampu depan (Rideapart)

Dengan kemunculan paten ini, besar kemungkinan Yamaha Tracer 9 GT 2023 yang akan dibekali sensor radar. Bergabung dengan Kawasaki, BMW, Ducati, dan KTM yang juga sudah mempersiapkan teknologi yang sama di beberapa motornya.

Belum diketahui berapa harga Yamaha Tracer 9 GT setelah dibekali sensor radar nanti, di Amerika Serikat kemungkinan motor ini akan dijual dengan harga 14.999 dollar atau setara dengan Rp227,9 jutaan.

Baca Juga: Kawasaki Pamerkan Motor Listrik di Intermot 2022

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya