Fungsi Rem ABS, Bisa Meminimalisir Kecelakaan

72 persen kecelakaan melibatkan sepeda motor

Jakarta, IDN Times - Populasi sepeda motor di Indonesia terus membengkak. Sayangnya meningkatnya jumlah sepeda motor ini tidak diikuti kesadaran penggunanya akan keselamatan. 

Akibatnya banyak kecelakaan terjadi. Riset yang dilakukan Bosch dan Universitas Indonesia sepanjang 2017 menunjukkan 72 persen kecelakaan di jalan raya di Indonesia melibatkan sepeda motor. 

Karena itu, untuk meminimalisir kecelakaan, selain kesadaran pengendaranya, juga penting bagi pabrikan sepeda motor untuk menyematkan fitur antiblock braking system (ABS) pada setiap motor yang mereka produksi. 

1. ABS membuat motor menjadi lebih stabil saat pengereman

Fungsi Rem ABS, Bisa Meminimalisir KecelakaanUnsplash/Carlos Navas

Baca Juga: Nekat Naik Sepeda Motor ke Jalan Tol, Lima Remaja Alami Kecelakaan

Fitur ABS akan membuat motor tetap stabil saat pengereman. Sebab, dengan fitur ini roda tidak akan terkunci saat tuas rem ditarik. Sehingga pengendara tetap bisa mengendalikan sepeda motor mereka ketika sedang mengerem, bahkan jika tuas rem ditarik secara mendadak. 

Baca Juga: Motor Terbang Ini Dijual Rp 2,2 Miliar, Berikut Spesifikasinya

2. Fitur ABS sudah lama diterapkan di mobil

Fungsi Rem ABS, Bisa Meminimalisir KecelakaanUnsplash/Colton Duke

Teknologi ABS ini sejatinya sudah lama diterapkan di mobil. Namun karena ABS bukan fitur murah, maka pabrikan motor pun akan berpikir ulang untuk menyematkannya pada motor mereka. Sebab, dengan fitur ABS, harga motor tentu akan melonjak. 

3. Sudah beberapa motor mengaplikasikan ABS

Fungsi Rem ABS, Bisa Meminimalisir KecelakaanUnsplash/Mauro paillex

Saat ini sudah ada beberapa motor yang mengaplikasikan teknologi ABS pada sistem pengereman mereka. Motor-motor itu antara lain Honda PCX 150, Yamaha NMax, Yamaha Aerox 155, dan Kawasaki Ninja ABS.

Baca Juga: 5 Tips Sebelum Touring Sepeda Motor, Biar Perjalanan Jadi Seru!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You