Comscore Tracker

Tangan Tetap Lembut, 5 Tips Atasi Kapalan Saat Kendarai Sepeda Motor!

Gak mau kan telapak tanganmu kapalan?

Sering mengendarai sepeda motor memang kerap kali bisa menyebabkan telapak tangan kapalan. Penyebabnya sendiri bisa karena banyak hal entah karena angin, sinar matahari bahkan karena faktor gesekan antara tangan dan pegangan sepeda motor. Supaya hal tersebut tidak terjadi dan bisa diminimalisir, ini 5 tips yang bisa kamu terapkan supaya telapak tanganmu bebas kapalan!

1. Gunakan pelembab sebelumnya

Tangan Tetap Lembut, 5 Tips Atasi Kapalan Saat Kendarai Sepeda Motor!cheatsheet.com

Jangan pernah remehkan penggunaan pelembab karena pelembab bisa membantu untuk meregenerasi kulit setiap harinya. Pakailah pelembab sebelum mengendarai motor supaya regenerasi kulit terjadi lebih mudah dan kulit pun terhindar dari kapalan.

2. Sedia sarung tangan

Tangan Tetap Lembut, 5 Tips Atasi Kapalan Saat Kendarai Sepeda Motor!Pexels/Anastasia

Kulit yang kapalan bisa saja terjadi karena intensitas cahaya matahari, angin dan gesekan tangan dengan motor. Semua penyebab itu bisa membuat kulit kering dan akhirnya kapalan pun terjadi. Oleh sebab itu pastikan gunakan sarung tangan sebelum mengendarai motor supaya kulit tidak mengering dan akhirnya kapalan.

Baca Juga: Bikin Motor Matic Tambah Nyaman Buat Touring dengan Modif 5 Part Ini

3. Jangan kelupas kulit dengan tangan

Tangan Tetap Lembut, 5 Tips Atasi Kapalan Saat Kendarai Sepeda Motor!youtube.com

Biasanya kapalan akan membuat kulit mengeras. Nah baiknya kamu tidak memperburuk keadaan dengan mengelupas kulit yang terkena kapalan tersebut. Selain bisa terluka dan mengenai pembuluh darah mengelupas kulit pun akan menimbulkan kulit mengeras lagi dan akhirnya timbul kapalan yang tidak kamu harapkan.

4. Rendam tangan kapalan dengan air hangat

Tangan Tetap Lembut, 5 Tips Atasi Kapalan Saat Kendarai Sepeda Motor!verywellhealth.com/

Air hangat bisa membuat kulit melunak dan akhirnya kapalan pun bisa berkurang intensitasnya. Untuk hasil terbaik cobalah tambahkan garam dalam air hangat tersebut dan rendam tangan setiap hari selama 15 hingga 30 menit saja. Dengan begitu kapalan pun bisa sembuh meski kamu harus setiap hari mengendarai motor.

5. Coba pakai tea tree oil

Tangan Tetap Lembut, 5 Tips Atasi Kapalan Saat Kendarai Sepeda Motor!medicalnewstoday.com

Saat tangan alami kapalan cobalah pakai beberapa tetes tea tree oil dan campurkan dengan satu baskom air hangat. Sifatnya yang antifungal dan antiseptik alami akan memperbaiki tekstur kulit yang kasar akibat kapalan. Namun pastikan tidak merendam tangan lebih dari 15 menit karena tea tree oil bisa merusak lapisan kulit karena kandungannya yang kuat.

Itu dia beberapa tips menjaga dan merawat telapak tangan bagi para pemotor. Meski kelihatannya sepele, menjaga agar telapak tangan halus itu juga demi kebaikan diri sendiri kan? Yuk, cegah kapalan dengan 5 tips di atas!

Baca Juga: Bikin Irit BBM, Ini 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Isi Ban dengan Nitrogen

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya