Comscore Tracker

Sepeda-sepeda Berbahan Unik, Ada yang Dibuat dari Kardus!

Kardus menjadi salah satu bahan utamanya

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 membuat banyak orang ramai-ramai bersepeda. Toko-toko sepeda pun ramai diserbu. Bahkan ada beberapa sepeda yang mendadak hilang dari pasaran karena diburu goweser.

Sebagian besar sepeda yang beredar berbahan alloy dan steel. Ada juga yang berbahan karbon. Ketiga bahan tersebut banyak dipilih karena ringan tapi kuat. Harganya juga lumayan bersahabat.

Tapi tahu gak sih kalau ada sepeda-sepeda unik yang dibuat dari bahan yang gak biasa? Sepeda-sepeda ajaib ini lahir dari tangan-tangan kreatif yang kamu sendiri mungkin gak akan kepikiran bahan-bahan ini bisa jadi sepeda.

1. Sepeda bambu

Sepeda-sepeda Berbahan Unik, Ada yang Dibuat dari Kardus!drivenhype.com

Memang bisa bambu jadi bahan baku utama sepeda? Ternyata bisa. Di Depok ada pengrajin yang menyulap batang-batang bambu menjadi sebuah sepeda.

Padahal biasanya batang bambu hanya digunakan sebagai struktur tempat berteduh, rumah, furnitur, dan sejenisnya.

Keunggulan batang bambu ada pada sifat lenturnya sehingga mudah dibentuk menjadi rangka dan bahkan roda sepeda. Unik banget, ya!

Baca Juga: Unik Banget, Desain Sepeda-sepeda Ini Bikin Geleng Kepala   

2. Sepeda kayu

Sepeda-sepeda Berbahan Unik, Ada yang Dibuat dari Kardus!IDN Times/Irfan Fathurohman

Kayu biasanya digunakan untuk bahan baku furnitur, seperti lemari, kursi, hingga tempat tidur. Tapi kayu ternyata juga bisa disulap menjadi sepeda, loh. Keuntungan sepeda berbahan kayu ada pada kekuatannya. 

Sepeda-sepeda berbahan kayu ini bisa kamu beli di toko-toko online dengan harga bervariasi. Setelah beli nanti, jauhkan sepedamu dari rayap, ya!

3. Sepeda kardus

Sepeda-sepeda Berbahan Unik, Ada yang Dibuat dari Kardus!postlicious-id.blogspot.com

Seorang warga asal Israel bernama Izhar Gafni menciptakan sebuah cardboard bike alias sepeda berbahan kardus. Ia mengombinasikan kardus, plastik, dan karet untuk membentuk frame dan rim sepeda.

Gafni melipat sejumlah potongan kardus, kemudian dibentuk menyerupai sepeda. Setelah itu, Gafni membalurkan sedikit resin dan melapisinya dengan cat putih mutiara.

Lapisan resin akan membuat kardus menjadi tahan air sehingga pengendara sepeda dapat meluncur melewati genangan air atau hujan. Jadi, jangan khawatir bila hujan tiba, sepeda ini tidak akan rusak kok.

4. Sepeda rotan

Sepeda-sepeda Berbahan Unik, Ada yang Dibuat dari Kardus!sepeda.wordpress.com

Bahan rotan ini umumnya tidak asing lagi di mata kalian. Yaps! Boncengan sepeda rotan anak. Jangan salah, rotan ini juga bisa loh dijadikan bahan baku utama pembuatan sepeda. Rotan ini memiliki tekstur yang lentur. Jadi mudah untuk dianyam dan di kreasi hingga terbentuknya kerangka sepeda.

5. Sepeda pipa paralon

Sepeda-sepeda Berbahan Unik, Ada yang Dibuat dari Kardus!id.pinterest.com

Biasanya pipa paralon digunakan untuk saluran air. Siapa sangka ternyata bahan ini juga bisa digunakan untuk membuat sepeda.

Pipa paralon ini juga kokoh dan mudah di bentuk. Keunggulan lainnya, pipa paralon bisa dilepas pasang. Jadi bagi kalian ingin membuatnya sendiri, juga bisa loh dengan kreasi sesuka hati.

Baca Juga: [FOTO] Yuk Intip Sepeda-sepeda Selebritas, Gak Semua Pakai Brompton! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya