Comscore Tracker

Biker Dilarang Berteduh di Bawah Flyover, Polisi: Ada Pasalnya!

Bisa jadi sasaran operasi zebra

Jakarta, IDN Times - Hujan mulai mengguyur beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta. Bagi para biker, hujan menjadi tantangan tersendiri. Sebab risiko basah kuyup selalu menghantui.

Memang ada jas hujan, tapi itu gak sepenuhnya melindungi tubuh dari terpaan air hujan. Solusi lain menghadapi hujan saat berkendara adalah dengan berteduh. Tapi jangan asal berteduh, ya.

Sebab ada tempat-tempat yang dilarang dijadikan tempat berteduh, salah satunya adalah kolong jembatan layang atau Flyover.

"Kenapa begitu? Karena kalau nanti numpuk-numpuk (berteduh), yang terjadi adalah kemacetan. Lumpuh satu, dan merembet ke jalur sebelahnya," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (28/10/2020).

1. Ada rambu dilarang berhenti

Biker Dilarang Berteduh di Bawah Flyover, Polisi: Ada Pasalnya!Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Sambodo menjelaskan bahwa ada aturan yang mengatur kenapa pengendara sepeda motor dilarang berteduh di bawah jembatan layang. Beberapa flyover pun sudah dipasangi rambu dilarang berhenti.

Sambodo menyebutkan aturan tersebut adalah Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 287.

"Rata-rata di bawah flyover ada rambu dilarang berhenti. Kalau dia berhenti, berarti melarang rambu Pasal 287," kata dia.

Baca Juga: Cuaca Hari Ini 27 Oktober 2020: Bogor Hujan Ringan Siang Hari, Hujan Ringan Sore Hari

2. Gunakan jas hujan kemudian langsung melanjutkan perjalanan

Biker Dilarang Berteduh di Bawah Flyover, Polisi: Ada Pasalnya!Ilustrasi Langit Mendung (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sambodo mengatakan pengendara motor bisa berhenti di bawah jembatan layang hanya untuk mengenakan jas hujan. Setelah itu mereka harus melanjutkan perjalanan.

"Jadi kalau cuma mau pakai jas hujan dan sebagainya, monggo. Yang penting tidak berhenti bergerombol dan mengganggu lalu lintas," ujarnya,

3. Salah satu sasaran Operasi Zebra 2020

Biker Dilarang Berteduh di Bawah Flyover, Polisi: Ada Pasalnya!Pelaksanaan operasi Yustisi (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Untuk diketahui, melanggar rambu dilarang berhenti menjadi salah satu sasaran dalam Operasi Zebra Jaya 2020. Operasi ini bakal berlangsung selama 14 hari sejak 26 Oktober hingga 8 November 2020.

So, jangan sampai terjaring razia ketika kamu sedang berteduh di bawah jembatan layang, ya. 

Baca Juga: Ini 4 Alasan Kenapa Motor-motor Tua Tetap Lestari

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya