Comscore Tracker

Supaya Nyaman Gowes Berdua, Ini Tips Memilih Sepeda Tandem

Hitung-hitung hemat budget

Jakarta, IDN Times - Bersepeda itu menyenangkan. Apalagi jika dilakukan berdua sama gebetan. Selain bikin tubuh lebih sehat dan kuat, gowes bareng pasangan juga bisa membuat hubungan semakin romantis.

Ada loh sepeda yang didesain khusus untuk digowes berdua, namanya sepeda tandem. Asyiknya lagi bersepeda tandem tidak perlu latihan khusus. Bahkan pasangan dengan skill bersepeda yang berbeda tetap bisa menikmatinya.

Tapi jangan sembarangan memilih sepeda tandem. Sebab salah memilih sepeda bisa membuat pasangan atau bahkan kamu sendiri gak nyaman.

1. Sesuaikan sepeda tandem dengan jenis bersepeda dan pasangan bersepeda

Supaya Nyaman Gowes Berdua, Ini Tips Memilih Sepeda Tandemflickr.com/Sallad Rialb

Seperti sepeda tunggal, sepeda tandem juga hadir dalam berbagai gaya, model, dan tipe. Untuk menentukan pilihan sepeda tandem, pikirkan di mana, bagaimana, dan dengan siapa kamu akan bersepeda.

Kamu bisa menentukan jenis sepeda tandem berdasarkan jenis sepeda tunggal yang biasa digunakan.

Baca Juga: Unik Banget, Desain Sepeda-sepeda Ini Bikin Geleng Kepala   

2. Pastikan ukuran sepeda tandem pas untuk kapten dan stoker

Supaya Nyaman Gowes Berdua, Ini Tips Memilih Sepeda Tandemcommons.wikimedia.org

Memastikan bahwa ukuran sepeda tandem sesuai dengan pesepeda adalah hal yang penting. Perlu untuk diketahui bahwa kapten atau pesepeda yang duduk di depan membutuhkan jarak lebih tinggi ketika berdiri di atas top tube rangka sepeda. Sementara stoker atau pesepeda di bangku belakang tak membutuhkan jarak setinggi kapten ketika berdiri di atas top tube.

Stoker juga dipastikan harus bisa menggapai setang dengan nyaman. Jika rangka sepeda terlalu pendek atau panjang, stoker bisa merasa sulit untuk menggapai setang atau merasa terlalu sempit selama perjalanan.

Cara terbaik untuk memastikan sepeda tandem sudah pas dengan pesepeda adalah langsung mencoba sepeda tandem tersebut.

3. Pilih ban sesuai jenis bersepeda

Supaya Nyaman Gowes Berdua, Ini Tips Memilih Sepeda Tandemflickr.com/yuzefe

Kebanyakan tandem dilengkapi dengan ban 26 inci atau 700c. Roda 26 inci umumnya baik digunakan di jalan beraspal. Ban 26 inci juga lebih gemuk, jadi lebih baik dalam menyerap guncangan di jalan raya. Sepeda tandem dengan ban ukuran 26 inci bisa dipilih untuk bersepeda serba guna.

Namun, jika berencana untuk bersepeda jarak jauh, pesepeda bisa mempertimbangkan roda 700c. Roda ini lebih ringan, cepat, dan efisien.

Baca Juga: [FOTO] Yuk Intip Sepeda-sepeda Selebritas, Gak Semua Pakai Brompton! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya