Comscore Tracker

3 Tip Memilih Masker Motor, Biar Polusi Gak Masuk ke Paru-paru

Masker tebal lebih aman dari polusi

Jakarta, IDN Times – Banyak risiko yang harus dihadapi para pengendara sepeda motor, seperti kecelakaan, pembegalan, hingga terpapar polusi. Kecelakaan bisa dihindari dengan menaati semua rambu lalu lintas, termasuk jarak aman dan batas kecepatan maksimal. Sementara pembegalan bisa dihindari dengan memilih rute yang aman.

Adapun polusi bisa kamu siasati dengan menggunakan masker yang sesuai. Sebab banyak pengendara sepeda motor menggunakan masker yang tidak sesuai dengan peruntukkannya, seperti masker hijau yang biasa dijual di apotek.

Masker tersebut tidaklah efektif jika digunakan untuk berkendara. Sebab zat-zat polusi dan debu bisa dengan mudahnya melewati masker tersebut karena bahan masker yang terlalu tipis.

Nah berikut tip memilih masker yang cocok untuk berkendara motor.

1. Jangan gunakan masker hijau, pilihlah masker yang tebal pada bagian dalamnya

3 Tip Memilih Masker Motor, Biar Polusi Gak Masuk ke Paru-paruIDN Times/Dwi Agustiar

Gunakanlah masker yang berbahan busa tebal pada bagian dalamnya. Ini bertujuan agar polusi atau debu dapat tersaring secara maksimal dan tidak mampu menembus masuk ke sistem pernapasan kalian.

Kalian harus selalu cuci masker setelah menggunakannya agar kotoran yang menempel pada masker ikut terangkat. Apabila masker kalian sudah rusak, lebih baik dibuang dan ganti dengan yang baru.

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

2. Usahakan menggunakan masker dilengkapi pengikat

3 Tip Memilih Masker Motor, Biar Polusi Gak Masuk ke Paru-paruIDN Times/Dwi Agustiar

Baca Juga: Jangan Sembarangan Modifikasi Lampu Motor, Perhatikan 3 Hal Ini!

Jangan gunakan masker kain yang diikat pada bagian tubuh kalian. Pilihlah masker berbahan karet dan memiliki pengikat yang kuat. Hal ini bertujuan agar masker tidak akan mudah lepas saat digunakan.

3. Jangan pakai slayer sebagai masker

3 Tip Memilih Masker Motor, Biar Polusi Gak Masuk ke Paru-paruIDN Times/Dwi Agustiar

Hal yang sering dilakukan pengendara motor adalah menggunakan slayer atau kain sebagai masker. Padahal menggunakan slayer justru berbahaya, karena slayer tidak mampu menyaring udara dengan baik. Penggunaan slayer pun lebih ribet dan bahannya sangat tipis.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menghindari 'Penipuan Kecil' Bengkel Motor Pinggir Jalan

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya