Comscore Tracker

Sejarah Masuknya Motor Matik ke Indonesia

Sudah ada sejak tahun 1962

Jakarta, IDN TIMES - Hari ini, kamu tentunya sering melihat motor matik berseliweran di jalan raya, bukan? Ya, motor matik sudah menjadi barang umum dan pilihan oleh banyak orang, terutama bagi para bikers yang tidak ingin kesusahan dalam melakukan perawatan.

Namun, apakah kamu tahu sejak tahun berapa  motor matik hadir di Indonesia?  Motor apa saja yang meramaikan eksistensi skutik di Tanah Air? Jika belum, mari kita simak berikut ini.

Baca Juga: Suara Gredek pada Motor Matik Bikin Jengkel? Cek Tiga Bagian Ini

1. Sudah ada sejak tahun 1962

Sejarah Masuknya Motor Matik ke Indonesiafjb kaskus/Honda sayur

Tercatat, motor matik pertama di Indonesia sudah ada sejak tahun 1962 silam. Honda, selaku produsen otomotif ternama asal Jepang, memperkenalkan motor otomatis kepada masyarakat Indonesia yang dikenal sebagai Honda Sayur.

Skutik yang satu ini memadukan antara sepeda dengan motor. Untuk menyalakannya pun perlu cara tersendiri, yaitu kamu harus menurunkan tuas di bagian belakang dekat roda.

Setelah menyala, baru digas pada bagian sebelah kanan. Sedangkan untuk mematikannya, perlu menarik bagian hitam kecil yang terdapat pada tengah stang. Motor ini sudah menggunakan mesin empat tak.

2. Vespa Corsa menyusul pada tahun 1991

Sejarah Masuknya Motor Matik ke Indonesiapinterest/Vespa corsa

Pada 1991 silam, Piaggio melalui PT Dan Motor Vespa Indonesia meluncurkan varian Corsa. Walau sebenarnya Vespa Corsa sudah terlebih dahulu diluncurkan di negara asalnya pada 1984, yang satu ini terkenal dengan sistem transmisi otomatis yang akhirnya dikenal secara luas, setelah sebelumnya Honda Sayur sudah luput dari perhatian.

Motor ini memiliki ciri khas rem belakang yang terdapat pada bagian bawah motor yang dipindah ke tuas sebelah kiri menggantikan kopling. Vespa Corsa digemari anak muda saat itu karena menawarkan kepraktisan dan kemudahan dalam mengendarai.

3. Kemunculan Kymco di 2000

Sejarah Masuknya Motor Matik ke Indonesiakymco.co.id/kymco jetmatic

Produsen motor asal Taiwan, Kymco, membuat gebrakan pada 2000 silam dengan meluncurkan Jetmatic Trend 125. Karena masih menjadi pemain baru dalam dunia otomotif, Kymco melakukan kegiatan promosi berupa touring Jakarta-Bali selama 100 jam non-stop, sehingga berhasil mencetak rekor MURI. Bentuk motornya menjadi inspirasi skutik di beberapa tahun setelahnya.

4.Nouvo, skutik yang dicintai

Sejarah Masuknya Motor Matik ke IndonesiaWikipedia

Berselang dua tahun setelah gebrakan Kymco, Yamaha meluncurkan Nouvo di Indonesia setelah diimpor dari pabriknya di Thailand. Nouvo generasi pertama ini dikenal sebagai motor 'Lele' dan mampu merebut hati masyarakat.

Nouvo dinilai memiliki mesin yang tangguh dan tidak rewel saat digunakan. Hingga saat ini, komunitas pengguna Nouvo masih cukup banyak ditemui.

Baca Juga: 5 Skuter Matik Pilihan di Bawah Rp20 Juta, Bingung Milihnya Euy! 

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya