Comscore Tracker

Suara Gredek pada Motor Matik Bikin Jengkel? Cek Tiga Bagian Ini

Salah satunya karena CVT kotor

Jakarta, IDN Times - Salah satu masalah yang sering muncul di motor matic adalah suara gredek pada mesin. Masalah ini seperti siluman karena gak semua motor matic mengalaminya.

Selain itu suaranya juga gak selalu muncul. Kadang suara gredek hanya terdengar di putaran rendah. Meski suara tersebut gak selalu berarti ada kerusakan, tapi tetap saja mengganggu.

Lalu, apa sih penyebab suara gredek pada motor matic tersebut? ini bagian yang harus kamu cek.

1. CVT kotor

Suara Gredek pada Motor Matik Bikin Jengkel? Cek Tiga Bagian Inifederaloil.co.id

Banyak faktor yang bisa menyebabkan suara gredek pada motor matic. Salah satu sebabnya dan yang paling umum adalah karena CVT kotor.

Pada banyak kasus, suara gredek hilang setelah CVT dibersihkan. Karena itu, coba bersihkan dulu CVT motormu jika terdengar suara gredek, ya.

Baca Juga: 5 Keuntungan Servis di Bengkel Resmi, Dijamin Bebas Cemas

2. Karet penahan kampas ganda mengeras

Suara Gredek pada Motor Matik Bikin Jengkel? Cek Tiga Bagian IniDok. IDN Times/IStimewa

Selain itu suara gredek juga bisa disebabkan karena Karet penahan kampas ganda atau rubber clutch damper mulai mengeras.

Efeknya kampas ganda menjadi goyang karena tidak disangga dengan sempurna. Goyangan pada kanvas ganda inilah yang menyebabkan gesekan dengan mangkuk kopling sehingga menyebabkan suara gredek.

3. Grease pada pulley bocor

Suara Gredek pada Motor Matik Bikin Jengkel? Cek Tiga Bagian IniIlustrasi service sepeda motor honda di bengkel AHASS (Dok. IDN Times)

Satu hal lain yang harus kamu curigai adalah bocornya gemuk atau grease pada pulley. Kalau sudah begini, kanvas ganda akan gampang goyang.

Kamu juga bisa mencurigai roller weight atau roller CVT serta fan belt. Sebab suara gredek juga bisa disebabkan karena part-part tersebut sudah aus.

Kalau kamu ragu untuk mengatasi sendiri masalah gredek pada motor maticmu, bawa ke bengkel aja. Setidaknya kamu sudah bisa mengira-ngira sumber masalahnya sehingga bisa memprediksi berapa besaran biayanya perbaikannya. 

Itulah beberapa penyebab suara gredek pada Motor matic umum terjadi. Semoga bermanfaat ya

Baca Juga: 5 Tanda CVT Motor Matik Bermasalah, Curigai Bagian-bagian Ini

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya