Comscore Tracker

Step by Step Mengganti Busi Motor

Tidak perlu repot membawa motor ke bengkel

Jakarta, IDN Times - Salah satu bagian motor yang harus terus dicek adalah busi. Sebab bagian ini memainkan peran penting dalam sistem pembakaran motor. Sehingga jika busi bermasalah, mesin motor pun akan kena imbasnya.

Apalagi mengganti busi itu gak sulit kok. Peralatan yang dibutuhkan juga gak banyak. Nah, berikut langkah-langkah mengganti busi motor. 

1. Lepaskan busi motor menggunakan kunci dan obeng

Step by Step Mengganti Busi Motordream.co.id

Sebelumnya siapkan dulu alat-alat yang dibutuhkan, seperti kunci busi dan obeng yang sesuai. Pastikan mesin motor sedang dalam kondisi mati dan keadaan yang dingin. Usahakan agar kunci busi yang digunakan punya ukuran yang cukup panjang.

Pertama, letakkan kunci busi tepat pada komponen busi. Kemudian masukkan obeng di antara lubang kunci busi. Putar berlawanan arah jarum jam agar dapat terlepas. Lakukan putaran dengan perlahan.

Baca Juga: 4 Keuntungan Memakai Busi Iridium, Lebih Gesit Tetap Irit 

2. Segera ganti busi setelah tidak layak

Step by Step Mengganti Busi Motorbrothermotor.com

Setelah terlepas, perhatikan kondisi busi tersebut untuk melihat apakah masih dalam kondisi layak pakai atau tidak. Ada tanda yang menunjukkan busi sudah dalam kondisi rusak.

Jika terlihat hitam pekat dan karatan, maka busi tersebut harus diganti. Busi yang sudah rusak tidak bisa diperbaiki. Untuk itu segera ganti dengan busi yang baru.

3. Setelah busi terpasang, hidupkan mesin motor

Step by Step Mengganti Busi Motorbrothermotor.com

Sebelum mulai memasangnya, bersihkan busi motor terlebih dahulu menggunakan kain kering. Jika sudah bersih, masukkan busi. Putar secara perlahan searah jarum jam. Pastikan agar busi terpasang dengan kencang. Gunakan kunci dan obeng untuk mengencangkannya agar lebih erat.

Terakhir, lakukan kick starter  sebanyak 3 sampai 5 kali saat mesin dalam keadaan mati. Kemudian, nyalakan mesin menggunakan kick starter . Mengganti busi motor ternyata mudah, bukan? Dengan ini, kamu tidak perlu meminta pertolongan mekanis karena sudah bisa mengerjakannya sendiri.

Baca Juga: Waspada! 4 Tanda Busi Motor Sudah Harus Diganti 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya