Comscore Tracker

Belum Banyak yang Tahu, Ini Dia 10 Jenis-jenis Sepeda Motor!

Motor kamu termasuk jenis apa nih?

Jakarta, IDN Times - Sebagai alat transportasi yang paling efektif, tentu sepeda motor memiliki banyak jenis-nya. Mungkin kamu selama ini hanya tahu motor matic dan kopling saja, padahal gak cuma sekadar itu lho.

Hmm... Lantas, apa saja ya jenis-jenisnya? Yuk, simak berikut ini biar kamu bisa membedakan juga nih jenis motor apa saja yang beredar di jalanan.

1. Skuter

Belum Banyak yang Tahu, Ini Dia 10 Jenis-jenis Sepeda Motor!IDN Times/Yohanes Nugroho

Motor yang paling menjuarai aspal jalanan saat ini adalah skuter. Saat ini hampir seluruh skuter bertransmisi matic sehingga nyaman dibawa kemanapun dan gak bikin capek.

Pada awalnya, skuter memiliki desain yang mungil dibanding jenis motor lainnya. Tapi seiring berjalannya waktu, sudah banyak skuter yang berkuran besar dan mesinnya gak kalah saing dengan sport ataupun trail.

2. Motor adventure

Belum Banyak yang Tahu, Ini Dia 10 Jenis-jenis Sepeda Motor!fincon.com.br

Kalau kamu ingin berjalan jauh atau berpetualang di jalan, kamu bisa memilih motor adventure dengan kemapuan bisa digunakan pada jalanan beraspal dan off road. Selain ban dual sport, motor ini juga dilengkapi crash protector dan suspensi sehingga kamu aman dan nyaman saat perjalanan jauh.

Biasanya pengguna juga menambahkan box motor karena memang motor ini ini dikhususkan untuk jarak jauh yang butuh membawa banyak persediaan.

Baca Juga: Daftar Harga Sepeda Motor BMW di Indonesia

3. Sport bike

Belum Banyak yang Tahu, Ini Dia 10 Jenis-jenis Sepeda Motor!pexels.com/(Pixabay)

Nah, jenis motor yang biasa digunakan untuk keperluan balap yaitu sport bike. Joknya biasanya single seat dan dibuat dengan mengutamakan kenyamanan bagi penggunanya. Bentuk joknya menukik dan terdapat banyak fairing demi melindungi badan pengendara.

Bagian footstepnya dibuat lebih tinggi demi memberikan ruang agar mudah memiringkan badan ketika menikung. Stang yang digunakan biasanya berjenis jepit atau clip on yang dipasang pada shock depan. Terdapat dua jenis sportbike yaitu superbike yang kapasitas mesinnya 1000 cc dan supersport yang kapasitasnya 600 cc.

4. Sport touring

Belum Banyak yang Tahu, Ini Dia 10 Jenis-jenis Sepeda Motor!Ilustrasi motor sport touring (visordown.com)

Terdapat juga motor yang sengaja dirancang untuk perjalanan jarak jauh, namun juga sporty. Motor ini bernama sport touring yang sengaja didesain sebagai motor yang fairing dan suspensi agak keras.

Bedanya dengan motor sport pada umunya, bisa dilihat dari posisi berkendara pengendara dan juga aksesoris motornya. Stang sport touring lebih tinggi dan joknya lebar, sehingga bisa berboncengan dengan teman atau gebetan dan berkendara pun gak akan pegal. Umumnya, pada bagian tengah motor terdapat tambahan box yang digunakan untuk menyimpan perbekalan selama perjalanan.

5. Naked bike

Belum Banyak yang Tahu, Ini Dia 10 Jenis-jenis Sepeda Motor!Ilustrasi motor naked bike (ultimatemotorcycling.com)

Selanjutnya, ada jenis motor jenis naked bike atau motor tanpa fairing, yang dulunya kategori motor balap. Motor ini memiliki desain simpel, rangka mesinnya hanya tertutup sedikit sehingga tampak lebih terbuka. Meski demikian, motor ini tampak kekar dan agresif.

Naked bike diutamakan sebagai kendaraan sehari-hari, tapi mesinnya sangat lincah dengan tambahan rem dan suspensi selayaknya sport bike. Banyak orang membeli motor ini karena memang harganya terjangkau, lalu ketika dikendarai akan terasa nyaman dan praktis.

Kerennya lagi, motor ini mempunyai performa tinggi dengan adanya teknologi mutakhir seperti dashboard digital dan bahan bakar injeksi.

Baca Juga: Hati-hati, Ini Risiko Jika Oli Sepeda Motor Kamu Kosong

6. Cruiser

Belum Banyak yang Tahu, Ini Dia 10 Jenis-jenis Sepeda Motor!Ilustrasi motor cruiser (motorcyclecruiser.com)

Gak cuma motor adventure saja yang bisa berpetualang jauh, motor jenis cruiser juga mampu menaklukannya dengan tampilan yang lebih ringan namun desainnya tetap gagah. Cocok banget nih buat touring di akhir pekan.

Mesin yang digunakan berjenis twin, jadi tenaganya bisa dua kali lipat lebih besar meski dalam putaran medium rendah. Sudah pasti motor ini digemari masyarakat, hanya saja harganya yang masih melambung tinggi.

7. Dirt bike

Belum Banyak yang Tahu, Ini Dia 10 Jenis-jenis Sepeda Motor!Motor enduro pakai knalpot racing.(instagram.com/fmf73)

Bagi pecinta off-road pasti gak asing nih dengan motor dirt bike. Dari namaya saja sudah ketahuan bahwa motor ini diutamakan untuk off-road. Desain motor ini cenderung kecil dan ramping, tapi mempunyai suspensi panja dan ban tahu.

Mesin yang digunakan berjenis silinder satu dan bisa dibongkar pasang sehingga hanya ditutup menggunakan plastik murah. Jenis motor ini biasa dikenal dengan motor trail yang mampu menghajar segala rintangan off-road, bahkan sudah dijadikan olahraga khusus bagi yang menggunakan kendaraan ini.

Terdapat tiga varian dirt bike yaitu enduro, motocross dan juga trail. Buat para pemula, motor enduro lebih cocok dipilih karena memiliki tenaga yang mampu di segala kondisi jalan off-road. Sedangkan motocross kurang cocok karena khusus untuk jalanan menerabas.

8. Scrambler

Belum Banyak yang Tahu, Ini Dia 10 Jenis-jenis Sepeda Motor!Ilustrasi motor scrambler

Kamu pasti gak asing dengan motor scrambler. Jenis scrambler ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1920-an, namun saat ini sudah dikeluarkan versi modernnya. Meski modern, tapi desainnya gak meninggalkan gaya metro klasik. Setangnya sama seperti motor sport, yaitu menggunakan jenis jepit.

Motor ini juga bisa dikendarai untuk dua jenis jalan sehingga ban yang dipakai adalah dual purpose. Tampilannya yang keren membuat banyak anak muda yang mengincar motor scrambler ini.

9. Dual bike

Belum Banyak yang Tahu, Ini Dia 10 Jenis-jenis Sepeda Motor!Ilustrasi motor dual bike (ridermagazine.com)

Lalu, ada motor berjenis dual bike yang hampir mirip dengan dirt bike. Hanya saja motor ini bisa digunakan pada jalanan beraspal atau off road. Berbeda dengan dirt bike yang hanya bisa digunakan pada off road.

Walau sekilas mirip, namun jika diamati dari segi mesin hanya mampu menghasilkan tenaga rendah. Adanya regulasi emisi ketat membuat tenaga harus bisa mengandalkan ban agar bisa berjalan di dua jenis jalan.

10. Power cruiser

Belum Banyak yang Tahu, Ini Dia 10 Jenis-jenis Sepeda Motor!Ilustrasi motor power cruiser (motorcyclecruiser.com)

Terakhir, motor berjenis power cruiser dengan tenaga sangat besar sehingga bisa melaju sangat cepat. Tapi ingat, motor ini gak ada sangkut-pautnya dengan motor cruiser apalagi sport. Demi kenyamanan pengendara, bodi power cruiser lebih besar dari kedua motor tersebut, namum tetap bisa digunakan pada dua jalanan.

So, kamu sukanya motor jenis apa nih?

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya