Comscore Tracker

6 Sepeda Motor Ini Nasibnya Berubah Setelah Mengalami Facelift

Ada yang tambah laris, ada yang justru gak laku

Pembeli motor selalu melihat dua aspek utama, yaitu desain dan harga. Tapi bagi pecinta motor, aspek yang dilihat sangat banyak. Fitur, desain, harga, mesin, top speed yang diraih, kaki-kaki dan lain sebagainya. Namun, ada beberapa motor yang setelah di-facelift nasibnya berubah. Entah itu makin laris atau kehilangan peminat.

1. Yamaha V-Ixion

6 Sepeda Motor Ini Nasibnya Berubah Setelah Mengalami Faceliftyamaha-motor.co.id

Awalnya pada saat V-Ixion pertama kali diperkenalkan sampai Vixion Advance, penjualannya sangat laris. CB150R jarang bisa menandingi V-Ixion. Namun, ketika All New V-Ixion keluar di tahun 2017 berbarengan pada V-Ixion R 155, banyak yang menyayangkan versi ini. Mukanya dianggap aneh dan mirip dengan MT-25. Jadilah V-Ixion perlahan-lahan mulai kalah oleh Honda CB150R.

2. Honda CB150R

6 Sepeda Motor Ini Nasibnya Berubah Setelah Mengalami Faceliftnews.abs-cbn.com

Honda CB150R awalnya dibuat untuk menandingin V-Ixion. Tapi sayangnya desain dan kualitasnya kurang mantap. Orang berpikir lagi untuk membeli motor ini. Honda CB150R mulai laris manis sejak versi faceliftnya keluar di tahun 2015. Desainnya tajam serba menyudut dan super keren membuatnya mulai membuntuti penjualan Yamaha V-Ixion. Penjualannya jauh lebih baik dibandingkan CB150R sebelumnya yang dianggap kurang keren dan nanggung.

Baca Juga: Asing di Telinga, 10 Motor Jadul Ini Sempat Booming di Indonesia

3. Honda CBR250RR

6 Sepeda Motor Ini Nasibnya Berubah Setelah Mengalami Faceliftautopromag.com

Awalnya Honda memasarkan CBR250R yang menggunakan mesin 250cc 1 silinder. Harganya yang mahal di kisaran Rp 50 Jutaan membuatnya kurang laku. Lihat saja Ninja RR Mono yang punya mesin 250cc 1 silinder juga, tapi harganya tidak menyentuh Rp 50 Juta. Jelas saja penjualannya sangat kecil. Bisa dibilang malah tidak laku. 

Barulah Honda mengeluarkan CBR250RR, dengan mesin 250cc 2 silinder. Ini yang disukai orang Indonesia. CBR250RR sangat laku di awal peluncurannya karena desain dan fiturnya yang lengkap. 

4. Honda PCX

6 Sepeda Motor Ini Nasibnya Berubah Setelah Mengalami Faceliftcleantechnica.com

Awalnya PCX didatangkan secara CBU dari negara Vietnam. Motor ini punya harga di kisaran Rp40 Jutaan. Sayangnya Yamaha juga mengeluarkan NMAX dengan harga yang jauh lebih murah yaitu kisaran Rp26-30 Jutaan. Jadilah PCX kurang laku. 

Barulah tahun 2017, PCX dilokalkan dengan fitur baru seperti Hazard dan Keyless. PCX mulai naik penjualannya, walaupun masih agak sulit menandingi NMAX. Penjualannya pun jauh lebih baik dibandingkan versi CBU.

5. Yamaha Byson

6 Sepeda Motor Ini Nasibnya Berubah Setelah Mengalami Faceliftyamaha-motor.co.id

Yamaha Byson diperkenalkan pada tahun 2010. Motor ini sukses mencatatkan penjualan yang cukup banyak yaitu sekitar ratusan ribu unit. Namun sejak versi karburator dihentikan produksinya dan diganti versi injeksi pada tahun 2015, penjualannya turun drastis. 

Byson versi baru ini hanya mengubah desain, mengganti speedometer dan sistem injeksi saja. Bahkan rem belakang pun tidak diberikan rem cakram. Jadilah dengan kisaran harga Rp 22 Jutaan, orang pasti memilih MX King atau menambah sedikit untuk Yamaha V-Ixion.

6. Honda Scoopy

6 Sepeda Motor Ini Nasibnya Berubah Setelah Mengalami Faceliftastra-honda.com

Awalnya Honda Scoopy versi pertama yang diluncurkan 2010 itu mendapat banyak kritikan. Memang cukup laris, tapi lampu sein di belakang yang terpisah membuatnya dikritik. Katanya lampu sein terpisah hanya boleh untuk motor sport. Jadilah, Honda Scoopy di facelift dan seinnya tidak dipisah lagi. 

Pada tahun 2017, Scoopy di facelift menggunakan lampu LED, velg 12 inci, alarm dan rem cbs atau combi brake system. Penjualannya pun sangat bagus dan lebih laris daripada versi pertama, mayoritas menjadi peringkat kedua dibawah Honda BeAT.

Motor ini sempat laku dan juga sempat tidak laku penjualannya. Tergantung bagaimana pabrikan mengatur harga dan desain yang akan disukai oleh masyarakat. Dari keenam motor ini, adakah motor kamu?

Baca Juga: Laris Manis! Inilah 5 Motor yang Tidak Pernah Kehilangan Peminatnya

William Tanamal Photo Verified Writer William Tanamal

Gadget and Automotive Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya