Comscore Tracker

Memasuki Musim Hujan, Ini Tip Melewati Banjir Dengan Motor

Lebih baik jangan diterjang, kecuali terpaksa!

Jakarta, IDN Times – Musim hujan sebentar lagi tiba. Persoalan banjir pun akan kembali menghantui para biker. Sebab banjir jelas tak ramah buat motor. Selain bisa membuat mogok, banjir juga menyebabkan persoalan lain seperti karat dan korsleting pada kelistrikan motor.

Tapi jangan cemas. Sebab ada banyak cara untuk melintasi banjir, berikut beberapa di antaranya. 

1. Matikan mesin motor, tutup lubang knalpot

Memasuki Musim Hujan, Ini Tip Melewati Banjir Dengan Motorgulfnews.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengukur ketinggian genangan. Jika permukaan genangan cukup aman untuk dilalui, silakan dilibas. Tip melibas genangan air bisa kamu baca di poin kedua dan ketiga.

Namun jika genangan kelewat tinggi sementara kamu harus tetap melewatinya, langkah berikutnya adalah mematikan mesin motor dan tutup lubang knalpotnya. Ini penting dilakukan untuk menghindari air masuk ke ruang mesin. Setelah itu silakan dorong motor kamu melewati banjir.

Baca Juga: Musim Hujan Segera Tiba, Ini Cara Mudah Atasi Suara Decit Dari Wiper

2. Perhatikan posisi filter udara pada motor

Memasuki Musim Hujan, Ini Tip Melewati Banjir Dengan MotorIDN Times/Yohanes Nugroho

Sebelum memutuskan untuk melibas genangan air, lihat dulu posisi filter udara motormu. Pastikan posisinya tidak lebih rendah dari permukaan air. Sebab, jika posisi filter udara lebih rendah dari permukaan air, maka filter tersebut berpotensi menyedot air masuk ke ruang mesin.

3. Jangan digeber

Memasuki Musim Hujan, Ini Tip Melewati Banjir Dengan Motortopgear.com.ph

Banyak yang beranggapan dengan menggeber motor maka air tidak akan masuk ke dalam mesin melalui knalpot sebab angin akan mendorong air dan motor akan dengan cepat melaju.

Justru ini adalah tindakan yang keliru. Sebab dengan menggeber motor maka putaran mesin akan mengisap air masuk melalui knalpot. Air yang masuk dapat membuat suhu ruang bakar semakin tinggi dan dapat menyebabkan kerusakan parah pada mesin.

4. Perhatikan juga busi

Memasuki Musim Hujan, Ini Tip Melewati Banjir Dengan Motormycarneedsthis.com

Lapisi komponen busi dengan gemuk atau grease karena dapat berfungsi untuk menutupi celah yang terdapat pada sambungan busi dengan mesin. Cara ini juga mampu meminimalisir air masuk ke area pengapian.

5. Setelah berhasil melewati genangan, periksa rem

Memasuki Musim Hujan, Ini Tip Melewati Banjir Dengan MotorIDN Times/Yohanes Nugroho

Ketika sudah berhasil melewati genangan, jangan senang dahulu karena bisa jadi tetap ada bahaya yang menanti. Yap, bahaya bisa disebabkan dari komponen rem, karena rem yang terendam air akan berkurang performanya.

Untuk mengatasi permasalahan ini, injaklah pedal rem untuk bagian belakang, dan remas tuas rem untuk bagian depan secara perlahan secara berulang, dan sedikit menarik tuas gas agar motor berjalan pelan untuk mengetahui rem sudah berfungsi dengan normal atau belum.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Cara Merawat Wiper Mobil Agar Optimal Saat Musim Hujan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You