Comscore Tracker

UMKM, Salah Satu Penggerak Terbesar Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

UMKM penggerak terbesar tumbuhnya ekonomi di Indonesia

Jakarta, IDN Times – Kehadiran para pelaku di usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan bagian terpenting dalam perekonomian di Indonesia karena menjadi salah satu motor penggerak terbesar. Krisis moneter yang melanda Indonesia tahun 1998 sudah membuktikan bahwa usaha kecil dan menengah justru yang bertahan ketika perusahaan-perusahaan raksasa rontok.

Oleh karena itu, kekuatan usaha kecil dan menengah ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Inovasi dan pengembangan harus menyasar usaha-usaha UMKM.

Salah satunya bisa dilakukan melalui digital marketing di sosial media. Facebook Indonesia sendiri menyadari betul perlunya edukasi yang diberikan kepada pelaku usaha agar mereka bisa berhasil menjadi wirausahawan digital yang sukses. Hal itu terungkap dalam jumpa pers Facebook Indonesia, Selasa (21/8) di Jakarta.

1. UMKM sebagai penggerak terbesar pertumbuhan ekonomi

UMKM, Salah Satu Penggerak Terbesar Pertumbuhan Ekonomi di IndonesiaIDN Times/Sukma Shakti

Pelaku dalam Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah satu satu penggerak terbesar pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Selain itu, mereka juga sebagai denyut jantung dari adanya Facebook di Indonesia.

Baca Juga: Sehari, Generasi Millennials Habiskan 3 Jam Lebih di Media Sosial

2. Komitmen Facebook Indonesia mendorong UMKM

UMKM, Salah Satu Penggerak Terbesar Pertumbuhan Ekonomi di IndonesiaIDN Times/Afriani Susanti

Besarnya potensi pertumbuhan ekonomi yang dihasilkan UMKM tersebut juga disadari Facebook Indonesia. Itulah sebabnya, mereka berkomitmen mendorong majunya UMKM di Indonesia. Berbagai produk dan solusi pun dilakukan agar para pelaku usaha bisa mengembangkan bisnisnya.

Baca Juga: Facebook Kucurkan Rp14,5 Triliun untuk UMKM Seluruh Dunia

3. Menjangkau 15 ribu UMKM di Indonesia

UMKM, Salah Satu Penggerak Terbesar Pertumbuhan Ekonomi di IndonesiaANTARA FOTO/R. Rekotomo

Facebook Indonesia mengaku telah menjangkau sebanyak 15 ribu UMKM di Indonesia. Mereka diberi edukasi dan training bagaimana menggunakan media sosial, khususnya Facebook untuk memasarkan produk mereka. Facebook Indonesia fokus dalam pengembangan keterampilan digital kepada para pelaku UMKM.

"Di Indonesia, beberapa program Facebook yang dirancang khusus untuk membantu meningkatkan keterampilan digital pelaku UMKM, seperti Boost Your Business dan #SheMeansBusiness," demikian keterangan Facebook Indonesia.

Portblue Shoes dan Hijab Wanita Cantik merupakan dua contoh UMKM lokal yang telah berhasil memaksimalkan penggunaan fitur Facebook maupun Instagram untuk lebih jauh mengembangkan bisnis mereka.

Nah, kamu berminat mengembangkan usahamu?

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya