Comscore Tracker

5 Cara Mempertahankan Loyalitas Pelanggan, Dijamin Bikin Puas!

Kepuasan pelanggan adalah salah satu faktor suksesnya bisnis

Jakarta, IDN Times - Dalam berbisnis, pelanggan menjadi salah satu faktor penting dalam suksesnya penjualan. Kesuksesan tersebut bisa didapatkan dari adanya pelanggan baru maupun pelanggan tetap yang loyal.

Untuk mempertahankan loyalitas tersebut dibutuhkan adanya upaya dari pebisnis untuk bisa mendatangkan dan menjaga konsumen agar tidak berpindah ke toko lain. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini. Simak yuk!

Baca Juga: Kisah Marianne Rumantir Bangun Bisnis Loyalitas Pelanggan di Member.id

1. Meningkatkan kualitas produk

5 Cara Mempertahankan Loyalitas Pelanggan, Dijamin Bikin Puas!unsplash.com/beccamchaffie

Saat berjualan, selain harus memikirkan pelanggan, produk yang dijual pun harus dipikirkan. Untuk mendapatkan produk yang berkualitas, diperlukan adanya riset pasar dan riset konsumen. 

Jadi, saat konsumen membeli produkmu, kamu bisa menjadikan ulasan mereka sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas produk. Dengan demikian, produk yang berkualitas akan membuat konsumen senang dan puas.

2. Mengoptimalkan performa karyawan

5 Cara Mempertahankan Loyalitas Pelanggan, Dijamin Bikin Puas!unsplash.com/Clay Banks

Selain meningkatkan kualitas produk, pelayanan juga hal yang penting yang harus ditingkatkan. Apabila pelayanan buruk, konsumen menjadi malas untuk berbelanja.

Maka dari itu, kamu bisa melatih seluruh staf karyawan agar bisa bekerja secara profesional. Ajari para karyawan, khususnya yang berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk bersikap ramah kepada pelanggan. 

Dengan begitu, pelanggan yang senang pada layanan yang mereka dapatkan dari staf akan mempengaruhi keputusan pembelian yang lebih cepat.

Baca Juga: Ide Jualan Makanan Kekinian, Paling Populer Jadi Ladang Cuan!  

3. Manfaatkan media sosial

5 Cara Mempertahankan Loyalitas Pelanggan, Dijamin Bikin Puas!Pexels.com/pixabay

Di zaman serba digital ini, media sosial menjadi salah satu pengaruh yang besar terhadap kesuksesan sebuah brand. Kamu bisa membuat konten tentang edukasi brand dan produkmu untuk menarik pelanggan untuk berbelanja di tokomu.

Setelahnya, izinkan konsumen untuk mengirimkan pertanyaan terkait produkmu. Hal tersebut termasuk dalam digital marketing. Selain itu, kamu juga dapat mengirimkan pesan personal terkait produk terbaru kepada pelanggan melalui Whatsapp maupun e-mail.

Maka, secara tidak langsung, kamu telah melakukan customer retention atau tindakan yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan supaya tetap menggunakan produk dan layanan mereka.

4. Follow up konsumen setelah melakukan pembelian

5 Cara Mempertahankan Loyalitas Pelanggan, Dijamin Bikin Puas!pexels.com/Panos Sakalakis

Cara selanjutnya adalah dengan menghubungi kembali pelanggan yang telah membeli produkmu untuk memberi ucapan terima kasih dan meminta mereka melakukan penilaian pada produkmu. Dengan ini, tokomu akan tetap terhubung dengan pelanggan dan mereka akan menilai bisnismu dengan baik.

Baca Juga: 10 Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia 

5. Mengadakan program untuk konsumen

5 Cara Mempertahankan Loyalitas Pelanggan, Dijamin Bikin Puas!unsplash.com/Don Agnello

Cara terakhir untuk mempertahankan loyalitas pelanggan adalah dengan mengadakan program bagi konsumen. Tentunya, program tersebut harus positif dan dapat membawa pelanggan baru maupun lama untuk tetap setia dengan produk dan layanan bisnismu.

Sebagai contoh, kamu bisa mengadakan giveaway untuk menarik keaktifan pelanggan. Selain itu, adapun program yang berkaitan dengan loyalitas pelanggan.

Kamu bisa memberikan hadiah kepada pelanggan yang telah setia terhadap produk dan layanan bisnismu, atau bisa juga menawarkan poin bertingkat. Misalnya, pelanggan dengan status gold atau VIP bisa mendapatkan lebih banyak diskon dan akses terhadap produk-produk baru dan khusus.

 

Yuk, dicoba supaya pelanggan bisnis kamu semakin setia! 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya