Comscore Tracker

Ingin Jadi Manajer? Pahami Dulu Apa Itu Manajemen 

Manajemen merupakan aspek yang penting dalam kehidupan

Jakarta, IDN Times - Kata manajemen seringkali kita dengar, baik dalam buku-buku pelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Bahkan manajemen juga menjadi jurusan tersendiri di kampus-kampus. 

Bagi kamu yang bercita-cita menjadi jajaran pemimpin yang mengelola perusahaan alias memiliki jabatan manajer, perlu memahami konsep dasar manajemen.

Pemahaman terhadap manajemen ini menjadi penting karena dapat menjadi dasar dalam mengelola berbagai hal dalam kehidupan seperti finansial, waktu, sampai perusahaan.

Jika kamu ingin memiliki kehidupan yang terencana dan terorganisir, kamu perlu mengerti manajemen,  seperti yang telah IDN Times di bawah ini.

Baca Juga: Jokowi Segera Bentuk Manajemen Talenta Nasional, Pusat Bakat Anak Muda

1. Manajemen adalah tata kelola untuk mencapai tujuan

Ingin Jadi Manajer? Pahami Dulu Apa Itu Manajemen Ilustrasi strategic planning www.pexels.com/fauxels

Dilansir dari CPSsoft, manajemen diartikan sebagai seperangkat prinsip yang berkaitan dengan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian, dan penerapan prinsip-prinsip ini dalam memanfaatkan sumber daya fisik, keuangan, manusia dan informasi secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi. 

Namun, secara etimologi sebuah seni mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan utama sebuah organisasi atau bisnis melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, dan pengawasan sumber daya dengan cara yang efektif dan efisien. 

2. Memiliki 6 landasan penunjang

Ingin Jadi Manajer? Pahami Dulu Apa Itu Manajemen Pexels/Karolina Grabowska

Dalam mencapai tujuan sebuah manajemen yang baik, 6 unsur manajemen harus dipenuhi. Unsur-unsur tersebut adalah:

  • Sumber daya manusia, untuk menyusun tujuan hingga pelaksanaannya agar mencapai tujuan akhir. 
  • Keuangan, sebagai penunjang kegiatan yang sudah disusun sesuai rencana sehingga akan lebih mudah untuk menjalankan segala kegiatan.
  • Material, baik bahan jadi maupun bahan setengah, yang diperlukan dalam proses pelaksanaan kegiatan.
  • Mesin, untuk memudahkan pekerja dalam menyelesaikan pekerjaannya, unsur mesin memang sangat dibutuhkan. Nantinya pekerja bisa bekerja dengan efektif dan efisien.
  • Metode, sebagai cara yang digunakan dalam pelaksanaan kerja. Sebuah metode yang baik selalu mempertimbangkan berbagai hal.
  • Pasar, nantinya produk yang sudah diproduksi  akan dipasarkan kepada konsumen. 

Baca Juga: 7 Kesalahan Fatal Manajer yang Bikin Karyawan Resign

3. Fungsinya dapat memaksimalkan pekerjaan

Ingin Jadi Manajer? Pahami Dulu Apa Itu Manajemen Ilustrasi Work From Home (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk mencapai tujuan tata kelola atau bisnis secara maksimal, para manajer harus mampu menguasai seluruh fungsi manajemen yang ada. Fungsi tersebut terdiri dari 5, diantaranya:

Fungsi perencanaan, merupakan fungsi untuk menyusun strategi awal dalam mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Dalam sistemnya, manajemen akan melalui rangkaian-rangkaian yang akan memberikan dampak baik bagi sebuah organisasi.

Fungsi pengorganisasian, melalui fungsi ini, seseorang dapat melakukan penentuan terhadap tugas apa saja yang harus dikerjakan seperti menentukan skala prioritas atau pembagian kerja tertentu dalam sebuah struktur organisasi sehingga terciptanya organisasi yang baik. 

Fungsi penggerakan, yang merupakan tindakan seorang manajer untuk  mengawasi dan mengontrol anak buahnya agar dapat melaksanakan tugasnya secara tepat.

Fungsi pengawasan, adalah fungsi yang dilakukan agar pekerjaan dapat berjalan sesuai dengan visi, misi, dan peraturan yang telah berlaku. Selain itu, fungsi ini digunakan untuk menilai kinerja dengan berpatokan standar yang telah dibuat, juga melakukan perbaikan apabila diperlukan.

4. Jenis-jenis manajemen

Ingin Jadi Manajer? Pahami Dulu Apa Itu Manajemen Pexels.com/energepic.com

Dalam menjalani kehidupan, diperlukan adanya perencanaan dan organisasi yang baik agar terciptanya kehidupan yang seimbang. Manajemen juga diperlukan dalam setiap aspek di dunia.

Selain memiliki banyak unsur dan fungsi, manajemen juga memiliki jenis yang banyak. Setidaknya yang paling dasar adalah, manajemen waktu, manajemen strategis, manajemen penjualan, manajemen pemasaran, manajemen operasi, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan dan akuntansi, dan lain sebagainya.

5. Peran manajemen dalam perusahaan

Ingin Jadi Manajer? Pahami Dulu Apa Itu Manajemen freepik/senivpetro

Dalam sebuah perusahaan, manajemen atau level manajerial memiliki peran untuk membantu mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

Caranya, ialah dengan mengoptimalkan sumber daya, menunjang organisasi atau perusahaan yang baik, menciptakan keseimbangan, meminimalisir biaya, seperti yang dilansir dari Insight Talenta.

Baca Juga: Ingin Jadi Manajer Handal? Kamu Perlu Kuasai 6 Keterampilan Ini  

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya