Jokowi Segera Bentuk Manajemen Talenta Nasional, Pusat Bakat Anak Muda

14 Cabang olahraga masuk jadi prioritas

Jakarta, IDN Times - Menteri Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pemerintah akan segera merealisasikan pembentukan Manajemen Talenta Nasional. Pembentukan lembaga Manajemen Talenta Nasional ini adalah salah satu janji kampanye Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Pilpres 2019 lalu.

"Kami sedang menyusun sebuah grand design untuk memastikan Manajemen Talenta Nasional itu bisa terbentuk dan bidang-bidang yang telah kita tetapkan untuk menjadi ruang lingkup di dalam Manajemen Talenta Nasional," kata Suharso dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (30/3/2021).

Baca Juga: Perjalanan Ibu Kota Baru yang Diumumkan Jokowi Pertama Kali 2019

1. Pemerintah harap SDM di bidang riset dan teknologi mengukir prestasi internasional

Jokowi Segera Bentuk Manajemen Talenta Nasional, Pusat Bakat Anak MudaIDN Times/Reynaldy Wiranata

Saat ini, kata Suharso, pemerintah juga tengah menyusun bidang-bidang yang ditetapkan untuk ruang lingkup Manajemen Talenta Nasional. Dia memaparkan, bidang-bidang tersebut terbagi menjadi tiga yakni bidang riset dan inovasi, bidang seni dan budaya, dan bidang olahraga.

"Bidang riset dan inovasi dengan target peningkatan rasio SDM per 1 juta penduduk," ujar Suharso.

Dia menambahkan, untuk bidang riset dan inovasi ini, diharapkan bisa mendorong munculnya anak-anak bangsa berprestasi yang dapat meraih penghargaan, yang menjadi sebuah rekognisi internasional dan mewakili bangsa.

2. Pemerintah harap karya seni dan budaya anak bangsa dapat semakin dikenal internasional

Jokowi Segera Bentuk Manajemen Talenta Nasional, Pusat Bakat Anak MudaIlustrasi Ondel-Ondel (IDN Times/Lia Hutasoit)

Lalu yang kedua adalah bidang seni dan budaya. Melalui bidang ini, kata Suharso, diharapkan bisa menjadi rekognisi atau pengakuan internasional terhadap karya-karya anak bangsa. Menurut dia, sudah banyak prestasi yang ditorehkan anak bangsa di kancah internasional, salah satunya musik.

"Kita mendapatkan hadiah, mendapatkan award dan saya kira sebuah kebanggaan nasional," tutur dia.

3. Pemerintah akan masukkan 14 cabang olahraga prioritas ke dalam Manajemen Talenta Nasional

Jokowi Segera Bentuk Manajemen Talenta Nasional, Pusat Bakat Anak MudaInstagram/athletics.indonesia

Bidang berikutnya yaitu olahraga. Menurut Suharso, pemerintah ingin ada atlet yang bisa menjadi 'Muhammad Zohri' di dunia internasional. Dia menyebut, 14 cabang olahraga Olympic akan menjadi kekuatan dari bidang ini.

"Misalnya bulu tangkis, panahan, angkat besi, yang kita pernah memperoleh medali, dan tentu ada lagi di atletik dayung juga menjadi kekuatan lagi, renang, senam, taekwondo, dan beberapa lainnya," jelas dia.

Suharso melanjutkan, Manajemen Talenta Nasional ini dibentuk guna mengelola bakat anak bangsa di kancah internasional.

"Jadi sebenarnya Manajemen Talenta Nasional adalah ingin mengelola sebuah keluarbiasaan yang dimiliki oleh warga negara kita dalam rangka membangkitkan kebanggaan nasional," kata Suharso lagi.

Baca Juga: Lalu Muhammad Zohri, Manusia Tercepat di Asia Tenggara!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya