Comscore Tracker

Jenis-Jenis Lelang, Kenali sebelum Nawar!

Lelang sering dilakukan dengan cara tembak harga

Jakarta, IDN Times - Lelang adalah satu metode penjualan. Metode ini terkenal dengan keaktifan serta keberanian dari setiap pembeli untuk "menembak" dan memasang harga terhadap barang yang ditawarkan oleh pelelang. 

Lelang sering dilakukan oleh instansi atau orang tertentu yang menjadi juru lelang atau perwakilan dari pemilik barang. Juru lelang bertindak untuk mengajukan harga tertentu pada barang yang akan ditawarkannya. Nantinya juru lelang ini akan mendapatkan komisi atas upayanya untuk menjual barang barang lelangan tersebut. 

Proses dan sistem yang dilakukan dalam pelelangan ini tidak seragam. Terdapat beberapa jenis lelang. Masing-masing lelang memiliki sistem yang berbeda. Simak beberapa jenisnya berikut ini. 

1. Open Ascending Price Auction

Jenis-Jenis Lelang, Kenali sebelum Nawar!Ilustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Jenis lelang ini seringkali disebut dengan istilah sistem lelang inggris dan merupakan yang paling umum digunakan oleh para pelelang ataupun juru lelang untuk bisa menjual barangnya. 

Dalam prosesnya, juru lelang akan memasang harga tertentu untuk barang yang akan dilelang. Namun, calon konsumen tetap memiliki kesempatan untuk melakukan penawaran terhadap harga barang tersebut. 

Calon pembeli dengan harga penawaran yang paling tinggi adalah yang paling berhak untuk mendapatkan barang tersebut.

2. Open Descending Price Auction

Jenis-Jenis Lelang, Kenali sebelum Nawar!unsplash.com/Jimi Filipovski

Dalam jenis lelang Open Descending Price Auction, juru lelang ataupun pelelang akan mematok harga yang sangat tinggi untuk setiap barang yang ditawarkan kepada penawar lainnya.

Para penawar yang mengikuti proses lelang ini bisa membeli barang sebanyak mungkin namun sesuai dengan harga yang telah disepakati. Jadi, pihak penawar tidak akan memasang harga yang tinggi, melainkan, menawar barang dalam jumlah banyak dengan harga yang relatif lebih rendah.

Baca Juga: Meksiko Lelang Properti Milik El Chapo Guzman

3. First Price Sealed Bid Auction

Jenis-Jenis Lelang, Kenali sebelum Nawar!Ilustrasi Uang. (IDN Times/Aditya Pratama)

Jenis lelang yang ketiga ini berbeda dari dua jenis sebelumnya, First Price Sealed Bid Auction adalah jenis lelang dengan sistem di mana setiap harga penawaran yang diajukan oleh penawar tidak akan diberitahukan dan diperlihatkan kepada siapa pun.

Sehingga para penawar tidak akan mengetahui seberapa tinggi atau rendahnya penawar lain dalam mengajukan penawarannya terhadap barang tersebut. Namun, pada akhirnya yang akan memenangkan penawaran ini adalah orang dengan harga penawaran yang tertinggilah yang berhak untuk mendapatkan barang tersebut.

4. Second Price Sealed Bid Auction

Jenis-Jenis Lelang, Kenali sebelum Nawar!Ilustrasi (IDN Times/Aditya Pratama)

Pada Second Price Sealed Bid Auction penawar tidak mengetahui harga yang diajukan oleh penawar lainnya. Jadi, nantinya harga tawar yang telah masuk akan diperlihatkan secara bersamaan kepada semua penawar.

Dalam hal ini, penawar dengan harga yang tertinggi bisa menjadi pemenang barang tersebut. Namun, pihak yang mengajukan harga tertinggi akan tetap membayar barang dengan harga yang sesuai dengan harga penawar yang tertinggi kedua.

Baca Juga: Donasi buat Korban Pandemik COVID-19, LIB Gelar Lelang Jersey

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya