TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Alasan Erick Thohir Bakal Gabungkan PTPN, Bulog dan RNI 

Bakal tergabung dalam klaster pangan

Menteri Erick Thohir saat live Zoom bersama pimpinan media (IDN Times)

Jakarta, IDN Times - Saat ini Kementerian BUMN sedang menyiapkan roadmap untuk membentuk klaster industri pangan di perusahaan pelat merah. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyebutkan bakal ada 3 perusahaan yang akan tergabung dalam klaster tersebut.

"Dengan penggabungan PTPN, Bulog dan RNI dalam klaster pangan akan mendorong terbentuknya rantai industri pangan yang terkonsolidasi di BUMN," katanya melalui keterangan yang dikutip, Jumat (22/5).

Baca Juga: Bulog Jamin Stok Gula Cukup Hingga Lebaran

Salah satu alasan Erick ingin membentuk klaster pangan karena impor dinilainya masih menjadi suatu masalah di bidang pangan.

"Sama seperti industri kesehatan, impor juga menjadi masalah krusial di industri pangan, dimana kita masih bergantung pada asing, hal ini perlu direformasi untuk memastikan ketahanan pangan di Indonesia," ucapnya.

1. Erick menilai impor menjadi masalah di bidang pangan

IDN Times/Auriga Agustina

2. Erick yakin dengan dibentuk klaster pangan, BUMN bisa mengurangi impor

IDN Times / Auriga Agustina

Erick mengatakan, saat ini BUMN memiliki 130.000 HA tanah dibawah PTPN dan 140.000 lahan yang dimiliki oleh rakyat dikelola BUMN.

Hal itu seharusnya dapat untuk menyeimbangkan kebutuhan 3.5 juta ton gula di Indonesia, yang mana 36 persen diantaranya dipenuhi oleh swasta dan 800.000-900.000 ton dari impor.

“Dengan penggabungan klaster pangan ini, kami yakin BUMN dapat mengurangi impor dan kedepannya bisa mewujudkan ketahanan pangan menuju Indonesia Emas tahun 2045”, ucapnya.

Baca Juga: Disentil Kemendag, PTPN Janji Jual Gula Sesuai Harga Eceran

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya