TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BPK Akan Buka-bukaan Kasus Jiwasraya, Arya: Jangan Ada Ditutupi

BPK akan bongkar kasus Jiwasraya besok

Gedung Asuransi Jiwa Jiwasraya, Cikini, Jakarta. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jakarta, IDN Times - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan buka-bukaan terkait kasus yang membelit perusahaan asuransi pelat merah, PT Jiwasraya, Rabu (8/1) besok.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menuturkan, pihaknya mempercayakan sepenuhnya kepada BPK untuk membeberkan kasus Jiwasraya secara transparan.

"Kami berharap hasilnya terbuka, terang benderang tak ada yang ditutupi. Kami percayakan BPK untuk yang terbaik, nanti untuk Kejaksaan kita ambil sikap," kata Arya di Jakarta, Selasa (7/1).

Baca Juga: Dalami Kasus Jiwasraya, Kejagung Bakal Panggil Rini Soemarno? 

1. BPK diduga melakukan audit atas inisiatif Kejaksaan

IDN Times / Auriga Agustina

Arya tak menjelaskan secara gamblang siapa pihak yang meminta BPK untuk melakukan audit dan melaporkan kepada publik.

Namun Arya menduga, inisiatif tersebut berasal dari Kejaksaan untuk mendapatkan bukti dasar terkait kasus Jiwasraya yang juga merugikan negara.

"Sepertinya Kejaksaan yang minta apakah ngerugiin negara atau gak, kalau ngerugiin negara ya dipidana," ujarnya.

2. Laporan Jiwasraya dalam proses penyelidikan

IDN Times/ Helmi Shemi

Sebelumnya Ketua BPK Agung Firman menyebut, kasus Jiwasraya ini sangat kompleks sehingga ditangani oleh Kejaksaan Agung, bukan KPK.

"Ini kasus luar biasa besarnya, tapi itu sudah ditangani oleh Kejaksaan. Saya tadi sempat sampaikan karena case ini kompleks sekali, tapi ternyata beliau (Ketua KPK Firli Bahuri) memilih untuk melepaskan seluruhnya ke Kejaksaan," ujar Agung.

Semua laporan perihal Jiwasraya telah masuk dan dalam proses. Ia juga mengatakan, pihaknya telah aktif berkomunikasi dengan Kejaksaan Agung.
 
"Sudah kami lakukan (komunikasi) secara intensif. Kami akan lakukan official announcement lengkap bersama Pak Jaksa Agung, Wakil Ketua BPK, dan pimpinan auditor negara pada Rabu nanti," kata Agung.

Baca Juga: Begini Cara Erick Thohir agar Kasus Jiwasraya Tak Terulang

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya