TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Meningkatkan Omzet bagi Usaha Kecil, Pelaku UMKM mesti Nyimak!

Tokopedia sebagai rumah bagi sekitar 12 juta pelaku usaha

Ilustrasi UMKM Jawa Tengah. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Jakarta, IDN Times - Bagi kamu menjalani usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pasti paham betul banyak tantangan dalam mengembangkan bisnismu. Ada berbagai faktor yang membuat usaha kamu jalan di tempat dan omzet yang kamu terima pun tak kunjung bertambah.

Jangan berkecil hati! Sebab, dibutuhkan strategi yang mumpuni untuk mempertahankan omzet bahkan meningkatkannya. Kamu bisa belajar dari pengalaman para UMKM yang sukses menjadi seller di marketplace.

Tokopedia sebagai rumah bagi sekitar 12 juta penjual yang hampir 100 persen berasal dari UMKM lokal pun membagikan lima cara untuk mempertahankan hingga meningkatkan omzet. Check it out guys!

Baca Juga: Dorong UMKM Melek, BI Gandeng Tokopedia Rilis Modul Literasi Keuangan

1. Evaluasi dan analisis pasar

google.com

Lewat fitur Statistik Toko di aplikasi Tokopedia Seller, penjual bisa mempelajari berbagai data penting, seperti pendapatan bersih, estimasi pengeluaran, tren pesanan dan berbagai data penting lain untuk membuat hingga meningkatkan strategi penjualan.

Baca Juga: Mengenal GoModal: Pinjaman Modal Usaha Untuk Mitra Usaha Gojek

2. Manfaatkan fitur iklan otomatis

Kampanye Tokopedia, Selalu Ada Selalu Bisa (Dok. Tokopedia)

Penjual dapat memanfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Hal ini akan membantu penjual menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.

3. Pertajam strategi promo

Banyak promo menarik selama Ramadan di Tokopedia (Dok. Tokopedia)

Pegiat UMKM dapat memberikan promo kepada pelanggan untuk mendorong peningkatan transaksi. Bundling produk dan potongan harga bisa menjadi pilihan.

“Penjual juga dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir agar pembeli tidak perlu khawatir mengenai biaya pengiriman,” kata Vice President of Logistics Tokopedia, Edwin Mailoa.

Baca Juga: Simak 5 Cara Hasilkan Passive Income Ramah Pemula ala Tokopedia  

4. Manfaatkan gudang pintar

Transaksi di Tokopedia (Dok. Tokopedia)

Pegiat UMKM dapat menitipkan produknya di gudang-gudang pintar “Dilayani Tokopedia” yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia untuk menjangkau pasar lebih luas.

“Dilayani Tokopedia membantu operasional penjual, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, hingga penanganan jika ada kendala transaksi. Dengan begitu, pegiat UMKM dapat lebih fokus terhadap pengembangan usaha,” ucap Assistant Vice President of Fulfillment Tokopedia, Samuel Simanjuntak.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya