TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Antisipasi Anak Krakatau Erupsi, Kemenhub Imbau Operator Kapal Waspada

Operator diminta menyiapkan tempat perlindungan bagi kapal

Anak Gunung Krakatau (ANTARA FOTO/Atet Dwi Pramadia)

Jakarta, IDN Times - Erupsi Gunung Anak Krakatau yang terjadi pada beberapa hari terakhir mencuri banyak perhatian. Sebagai langkah antisipasi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat), Budi Setiyadi mengimbau para operator kapal untuk waspada.

"Diharapkan para Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) di wilayahnya segera memperingati operator kapal agar lebih waspada. Bukan hanya karena erupsi, tapi juga karena cuaca yang sedang buruk," ujar Budi dalam keterangan resminya, Minggu (6/2/2022).

Baca Juga: Anak Krakatau Erupsi 9 Kali, Pemantau: Jauhi Kawah Radius 2 Km

Baca Juga: Status Waspada Anak Krakatau, PVMBG Minta Masyarakat Menjauh

1. Operator diminta menyiapkan tempat-tempat perlindungan bagi kapal

IDN Times/Hisyam Keleten Kelin

Selain itu, Budi juga mengatakan perlunya penyiapan tempat-tempat perlindungan bagi kapal pada situasi darurat. Hal ini penting dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan kapal akibat cuaca buruk.

"Nantinya informasi mengenai cuaca, gempa, maupun erupsi akan ditayangkan melalui Videotron yang telah dipasang oleh BPTD Wilayah VI Provinsi Bengkulu & Lampung yang terletak di Pelabuhan Bakauheni," tambah ucapnya.

 

2. Para pemangku kepentingan terkait diminta menyiapkan SOP dan contigency plan

IDN Times/Hana Adi Perdana

Di samping itu, Budi meminta agar setiap institusi terkait dan stakeholder mempersiapkan Standard Operating Procedure (SOP) dan Contingency Plan dalam antisipasi terjadinya erupsi, gelombang tinggi, maupun tsunami.

"Komunikasi antar institusi terkait serta stakeholder nanti akan dilakukan melalui Grup WhatsApp. Selain itu, untuk memudahkan komunikasi dan pengendalian juga akan dibentuk suatu Call Center," pungkas Dirjen Budi.

Baca Juga: Kemenhub Jelaskan soal FIR Indonesia yang Didelegasikan ke Singapura

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya