TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rupiah Ditutup Perkasa Lawan Dolar AS Selasa Sore

Rupiah mempertahankan tren penguatan hari ini

Ilustrasi rupiah (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Jakarta, IDN Times - Nilai tukar (kurs) rupiah ditutup menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Berdasarkan data Bloomberg, Selasa (23/2/2021) nilai tukar rupiah berada di level Rp14.092 per dolar AS dibandingkan penutupan sebelumnya, yang sebesar Rp14.117 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat 8 poin atau 0,05 persen ke level Rp14.110 pada pembukaan perdagangan tadi pagi. 

Baca Juga: BI Sudah Turunkan Suku Bunga, Kapan Bank Turunkan KPR?

1. Nilai tukar rupiah berdasarkan kurs tengah BI

IDN Times/Hana Adi Perdana

Sementara itu, berdasarkan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia (BI) Selasa  (23/2/2021) mencatat nilai tukar rupiah sebesar Rp14.126 per dolar AS. Angka ini melemah dibanding Senin (22/2/2021) yang sebesar Rp14.098 per dolar AS.

Baca Juga: Rupiah Selasa 23 Februari Menguat di Level Rp14.110

2. Penguatan rupiah karena optimisme masyarakat terhadap penangan COVID-19

Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat sidak PPKM hari pertama, Senin (11/1/2021). Dok Humas Pemkot Surabaya

Analis sekaligus Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, mengatakan, penguatan rupiah dipengaruhi oleh optimisme masyarakat akan laju dari kasus COVID-19. Mereka menilai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) secara mikro turut berpengaruh dalam memangkas laju pandemik.

“Hasil kerja keras Pemerintah dan masyarakat tentang penanggulangan pandemi COVID-19 perlu mendapat apresiasi dari masyarakat, karena tanpa kerja keras pejabat pemerintah tidak mungkin regulasi akan berjalan dengan baik,” katanya dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Lupa Tukar Uang? 5 Daerah di Luar Negeri Ini Terima Uang Rupiah Lho

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya