TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips Menjaga Stabilitas Keuangan di Tengan Ancaman Resesi Global

Harus dimitigasi sejak dini

Unsplash/Melissa Walker Horn

Jakarta, IDN Times - Ancaman resesi global 2023 tengah menjadi topik hangat yang diperbincangkan dalam beberapa pekan terakhir. Awal Oktober kemarin, pemerintah Indonesia menyampaikan bahwa situasi perekonomian saat ini masih cukup baik. Pemerintah juga masih terus berupaya menjaga daya beli masyarakat melalui sejumlah subsidi dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diterima oleh masyarakat secara luas.

Meski ada dukungan pemerintah, masyarakat disarankan untuk tidak serta merta menjadi lalai dalam menjaga stabilitas keuangan pribadinya.

Bankir dan akademisi Indonesia, Ari Kuncoro dalam Seminar Capital Market & Summit Expo (CSME) 2022 lalu mengatakan, bahwa perekonomian Indonesia akan terus bergerak selama aktivitas dari generasi muda juga bergerak maju. Ari juga menjelaskan bahwa dengan aktifitas yang tinggi dari generasi muda, pertumbuhan ekonomi domestik juga akan semakin lebih baik.

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh generasi muda dalam menjaga pergerakan aktivitas mereka.

Dikutip dari OK Bank, berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk menjaga stabilitas keuangan pribadi di tengah ancaman resesi global.

Baca Juga: Biar Cepat Kaya, Ini 3 Tips Mengatur Keuangan buat Gen Z

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Keuangan buat Freelancer, Biar Gak Boncos!

1. Pelajari keterampilan baru

ilustrasi memiliki skill spesifik (unsplash.com/Maggie Markel)

Di tengah kondisi saat ini, penting bagi generasi muda untuk dapat terus melakukan improvisasi diri dengan menambah nilai keterampilan. Semakin luas keterampilan dan pengetahuan, maka kesempatan kerja juga akan semakin terbuka.

Seperti halnya yang dilakukan oleh perusahaan rintisan melalui model bisnis yang dihadirkan, mereka membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dengan mendorong pertumbuhan perekonomian secara individu, perusahaan maupun di kota tersebut.

2. Bangun kembali jejaring yang dimiliki

Unsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Selain memperluas keterampilan yang dimiliki, perlu bagi generasi muda untuk menjaga stabilitas pekerjaan mereka dengan optimal. Meski masih berstatus aman dari ancaman resesi, namun tidak menutup kemungkinan akan adanya pergeseran pada suku bunga demi stabilitas moneter Indonesia.

Hal ini akan berpengaruh besar pada ketahanan keuangan perusahaan. Untuk itu, generasi muda dapat mempersiapkan diri dari ancaman “PHK” yang sewaktu-waktu muncul dengan meninjau kembali resume dan memperbarui informasi pada laman LinkedIn.

Jangan lupa, bangun kembali hubungan dengan jejaring yang sudah dimiliki.

Baca Juga: 6 Mindset untukmu yang Sulit Mengatur Keuangan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya