TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Alasan Edhy Prabowo Mau Legalkan Lagi Ekspor Benih Lobster

Penyelundupan tetap terjadi walau sudah dilarang

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam acara temu stakeholder. (IDN Times/Indiana Malia)

Jakarta, IDN Times - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan infrastruktur budidaya benih lobster di Indonesia masih belum memadai. Itulah salah satu alasan KKP berencana membuka kembali keran ekspor benih lobster dalam jangka waktu tertentu.

"Untuk membesarkan (benih lobster) sendiri kan harus dibangun infrastrukturnya. Sambil menunggu ini, kita kasih kuota sampai waktu tertentu boleh ekspor," kata Edhy di Jakarta, Senin (16/12).

Baca Juga: Susi Pudjiastuti soal Ekspor Benih Lobster: Astaghfirullah

1. Regulasi ekspor sementara telah ditempuh komoditas lain

ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Menurut Edhy, cara tersebut juga telah ditempuh komoditas lain, seperti pasir, besi, dan nikel. Pada mulanya pemerintah mengizinkan ekspor dengan catatan para pengusaha harus membuat refinery atau pengolahan.

"Ini juga sama seperti itu, tapi masih dalam taraf kajian. Kami harapkan keputusan yang diambil adalah yang terbaik," ujarnya.

2. Edhy mengklaim penyelundupan terus terjadi walau sudah dilarang

Ilustrasi benih lobster. IDN Times/Aan Pranata

Edhy mengklaim banyak nelayan yang menggantungkan hidupnya dengan menangkap lobster. Bila dihentikan, menurut dia, penyelundupan juga masih banyak. Terkait upaya pelestarian lingkungan, itu harus dibarengi dengan pertimbangan kelangsungan hidup nelayan.

“Ada masyarakat kita yang hidupnya tergantung nyari benih lobster ini, dia jual, dia dapat uang, bisa hidup. Kalau tiba-tiba kita larang perdagangan benih lobster ini, jadi pekerjaannya apa? Saya hanya fokus bagaimana mereka kerja dulu. Ribuan orang yang menggantungkan hidupnya ini, ini dulu yang harus dicari jalan keluarnya," jelasnya.

Baca Juga: Dikritik Keras Soal Ekspor Benih Lobster, Edhy Prabowo: Jangan Panas 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya