TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Keuntungan Indonesia dari Bangkrutnya Silicon Valley Bank

Aliran modal asing masuk bakal deras masuk ke pasar keuangan

Fortune Indonesia Summit 2023 (IDN Times/Triyan)

Jakarta, IDN Times - Ekonom Senior Indef, Aviliani, mengatakan, pasar keuangan Indonesia akan mendapatkan berkah dari bangkrutnya Silicon Valley Bank (SVB).

Berkah yang akan didapatkan Indonesia dalam bentuk aliran modal asing (capital inflow) yang lebih besar karena investor mengalihkan dananya ke aset keuangan domestik.

"Kebangkrutan SVB, kita akan dapat keuntungan karena ketika suatu negara alami krisis keuangan, maka uangnya akan masuk ke Indonesia," ucapnya dalam acara 'Fortune Indonesia Summit 2023', Rabu (15/3/2023).

Baca Juga: Silicon Valley Bank Bangkrut, Jokowi Ingatkan soal Krisis Global

Baca Juga: Kurs Rupiah Menguat di Tengah Kebangkrutan Silicon Valley Bank di AS

1. Faktor pemicu aliran inflow

Silicon Valley Bank Kolaps Usai Krisis Modal dalam 48 Jam (IDN Times/Aditya Pratama)

Avi menjelaskan, ada beberapa indikator yang akan mendorong inflow ke dalam negeri. Pertama, suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI-7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) di level 5,75 persen.

Kemudian, sisi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berkomitmen menjaga stabilitas sistem keuangan Indonesia.

"Suku bunga acuan Indonesia masih bagus, dan OJK juga menjaga sistem keuangan jauh lebih bagus dibandingkan negara maju. Ini artinya kita beruntung atas kasus 1998 karena pengawasan jauh lebih baik di sektor keuangan," katanya.

Baca Juga: Bank Besar AS  Silicon Valley Bangkrut Bikin Rupiah Tertekan Pagi Ini

2. Persepsi masyarakat pengaruhi ekonomi

Website

Menurut Aviliani, kasus SVB menjadi pelajaran bagi Indonesia. Sebab, persepsi dan psikologi pasar akan menentukan volatilitas yang dapat menganggu perekonomian.

"Kalau persepsi kita baik dan melakukan kontribusi konsumsi dan investasi seimbang, maka krisis gak ada. Jika masyarakat persepsi buruk akan menjadi bahaya. Bahkan saat ini persepsi sistem keuangan sudah dijaga dengan baik dengan UU P2SK, ada perubahan LPS tidak hanya jaga dana masyarakat tapi juga beri solusi jika ada bank bermasalah dia membantu jaga stabilitas sistem keuangan dan tambah keyakinan," katanya.

Baca Juga: Fakta-Fakta Silicon Valley Bank, Penyuntik Startup yang Kolaps 48 Jam

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya