TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Minyak Goreng Subsidi Segera Dijual di Pasar, Harganya Rp14 Ribu

Penyaluran minyak goreng bersubsidi diperluas ke pasar

ilustrasi minyak goreng. (IDN Times/Alfi Ramadana)

Jakarta, IDN Times - Pemerintah akan menggelontorkan minyak goreng kemasan sederhana seharga Rp14 ribu per liter ke pasar-pasar tradisional. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng dengan harga terjangkau di tengah fenomena lonjakan harga.

Selama periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, penyaluran minyak goreng kemasan sederhana Rp14 ribu per liter hanya dilakukan melalui ritel modern.

“Kami memastikan stok minyak goreng tetap tersedia dengan harga terjangkau sehingga masyarakat dapat memperoleh minyak goreng di semua pasar baik ritel modern maupun di pasar tradisional,” ucap Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi dalam keterangan resminya, Selasa (4/1/2022).

Baca Juga: Jokowi Sentil Mendag, Minta Harga Minyak Goreng Stabil

1. Harga minyak goreng sudah dapat subsidi dari BPDP Kelapa Sawit

Ilustrasi Kelapa Sawit (IDN Times/Sunariyah)

Untuk memastikan keberlanjutan ketersediaan minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp14 ribu per liter, pemerintah akan menggunakan instrumen subsidi yang berasal dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit.

“Pemerintah, di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian akan menggunakan dana pengelolaan BPDP KS untuk kebutuhan pangan, khususnya dalam rangka menstabilkan harga minyak goreng,” ujar Lutfi.

Baca Juga: 5 Penyebab Harga Minyak Goreng Masih Mahal  

2. Operasi pasar bakal terus dilakukan

Pedagang sembako. (IDN Times/Holy Kartika)

Selain itu, Lutfi juga memastikan operasi pasar akan tetap dilakukan untuk memastikan ketersediaan minyak goreng di pasar tradisional sehingga tidak terjadi kelangkaan.

“Kami juga meminta Pemerintah Daerah, khususnya dinas yang membidangi perdagangan untuk melakukan operasi pasar minyak goreng di wilayah masing-masing, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” kata Lutfi.

Baca Juga: Lebih Murah! 3 Cara Beli Minyak Goreng Langsung dari Pabrik 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya