Comscore Tracker

Pandu Patria Sjahrir, Ponakan Luhut yang Diprediksi Jadi Komisaris BEI

Pandu Patria salah satu komisaris di Gojek

Jakarta, IDN Times - Pandu Patria Sjahrir disebut-sebut sebagai calon kuat komisaris di PT Bursa Efek Indonesia atau BEI. Dalam surat dari OJK kepada direksi PT BEI, OJK menetapkan lima calon anggota dewan komisaris BEI.

Kelima nama yang disebut menjadi calon komisaris BEI itu yakni John A Prasetio sebagai calon komisaris utama, Mohammad Noor Rachman Soejoeti calon komisaris, Herus Handayanto calon komisaris, Karman Pamurahardjo, dan Pandu Patria Sjahrir sebagai calon komisaris.

Direktur Utama BEI Inarno Djajadi enggan memastikan kebenaran lima nama itu akan mengisi jajaran komisaris BEI. "Tunggu saja dalam Rapat Umum Pemegan Saham Tahunan," ujarnya. RUPST tersebut akan digelar Selasa (30/6) atau tepatnya hari ini.

Lalu, siapakah sebenarnya Pandu Patria Sjahrir yang namanya mencuat menjelang RUPST PT BEI? Berikut profil keponakan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tersebut.

1. Saat ini, masih menjabat direktur di PT Toba Bara

Pandu Patria Sjahrir, Ponakan Luhut yang Diprediksi Jadi Komisaris BEIPandu Patria Sjahrir (Instagram/@pandu.sjahrir)

Pandu Patria merupakan direktur di PT Toba Bara Sejahtera Tbk atau TOBA. Dia merupakan putra dari ekonom Sjahrir dan juga keponakan dari pemilik perusahaan Toba Bara, yakni Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Pria kelahiran Amerika Serikat, 17 Mei 1979 ini, meraih gelar Sarjana dari University of Chicago, Amerika Serikat. Dia juga melanjutkan pendidikannya dan mendapat gerlar Master of Business Administration dari Stanford Graduate School of Business, Amerika Serikat.

Baca Juga: Cegah Pelemahan IHSG di Tengah Virus Corona, Begini Strategi BEI

2. Pernah menjadi analis senior sepesialisasi sektor energi dan pertambangan

Pandu Patria Sjahrir, Ponakan Luhut yang Diprediksi Jadi Komisaris BEIPandu Patria Sjahrir (Website/pandusjahrir.com)

Mengutip situs resmi PT Toba Bara Sejahtra Tbk, sebelum bergabung di perseroan itu Pandu pernah berkarier sebagai analis senior spesialisasi sektor energi dan pertambangan di Matlin&Patterson sejak  2007 sampai dengan 2010.

Dia juga menjadi analis di Principal di Byun&Co, AlternativeEnergyFund Asia  pada 2002 hingga 2005 dan sebagai analis di LehmanBrothers pada 2001 hingga 2002.

3. Pandu salah satu komisaris Gojek

Pandu Patria Sjahrir, Ponakan Luhut yang Diprediksi Jadi Komisaris BEIIlustrasi Logo Gojek (Website/gojek.com)

Pandu juga menduduki anggota dewan komisaris di Gojek. Informasi itu berdasarkan bocoran informasi dari firma konsultasi investasi Momentum Works yang dilansir Kompas.com dari Deal Street Asia pada 27 November 2018.

Saat dikonfirmasi bagaimana posisi Pandu di Gojek jika jadi menjadbat komisaris di BEI, Chief Corporate Affairs Gojek Nila Marita mengatakan, "Aku musti cek ya, setelah beliau terpilih di BEI statusnya di kami seperti apa," katanya kepada IDN Times, Selasa (30/6).

Baca Juga: Keponakan Luhut Disebut Jadi Calon Komisaris, Ini Penjelasan Dirut BEI

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya