Comscore Tracker

PT Astra International Tambah 275 desa Binaan Program Desa Sejahtera

Astra memberikan pelatihan dan digital startup ke desa-desa

Jakarta, IDN Times - PT Astra International Tbk, terus berkomitmen mengembangkan ekonomi dan mensejahterakan masyarakat. Sebab perseroan menyadari, keberhasilan perusahaan tidak terlepas dari pertumbuhan masyarakat Indonesia.

"Kita menyadari, kemajuan Astra tidak bisa dilepas dari pertumbuhan dan perkembangan masyarakat di sekitarnya," kata Deputi Chief of Corporate Affair Astra International Riza Deliansyah di Jakarta, Selasa (25/6).

Karena kesadaran tersebut, Astra menambah 275 desa yang akan dibina oleh perusahaan dalam program desa sejahtera Astra.

1 . Astra lakukan tanda tangan nota kesepahaman

PT Astra International Tambah 275 desa Binaan Program Desa SejahteraIDN Times/Auriga Agustina

Penambahan desa tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan Nahdlatul Ulama (NU) pada Selasa (25/6).

"Insya Allah dengan kerja sama ini akan membuat desa kita menjadi lebih hebat lagi," tambahnya.

Selain bekerja sama dengan pemerintah, program ini juga menggandeng beberapa universitas untuk membantu Astra dalam memberikan pelatihan dan digital startup yang akan mendukung kegiatan pemasaran di desa.

2. Astra akan memiliki 645 desa sejahtera

PT Astra International Tambah 275 desa Binaan Program Desa SejahteraIDN Times/Auriga Agustina

Riza menambahkan, sebelumnya Astra telah memiliki 370 desa dalam program desa sejahtera, yang tersebar di 23 provinsi. Artinya dengan adanya pendatanganan kerja sama tersebut, Astra akan memiliki sebanyak 645 desa yang di tersebar di 34 provinsi.

Baca Juga: Astra Catat Dividen Tunai Rp8,6 Triliun 

3. Program desa sejahtera masuk ke dalam pilar utama Astra

PT Astra International Tambah 275 desa Binaan Program Desa SejahteraIDN Times/Auriga Agustina

Sejatinya, program desa sejahtera ini meliputi pilar utama perusahaan Astra, di antaranya pelatihan sekaligus pendampingan, kelembagaan, prasarana, lalu yang terakhir fasilitas serta pemasaran.

"Jadi kita tidak ngasih modal terlebih dahulu tapi membangun pelatihan dan pendampingan dulu, dengan fokus tersebut kami berharap desa Astra akan menjadi desa yang mandiri dan sejahtera khususnya di bidang ekonomi," tambahnya.

4. Astra diharapkan dapat menjadi role model

PT Astra International Tambah 275 desa Binaan Program Desa SejahteraIDN Times/Auriga Agustina

Sementara di tempat yang sama, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengatakan, program kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah ini diharapkan dapat terus berlanjut, sehingga nantinya jika desa bertumbuh pesat. Tak menutup kemungkinan Astra mendapat peluang mencari kesempatan di desa tersebut.

"Dukungan dari Astra ini bukan saja secara financial tapi merupakan pendampingan dan market itu yang dibutuhkan oleh desa-desa, mudah-mudahan bisa menginspirasi dunia usaha lainnya," ujarnya.

Baca Juga: Kisah Sukses Prijono Sugiarto hingga Jadi Presdir Astra International

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You