Comscore Tracker

Arus Balik Tetap Ada, Menhub Usul Vaksin Gratis untuk Pemudik Darat

Usulan telah disampaikan ke menteri terkait

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan ada sekitar 3,6 juta pemudik yang akan kembali ke Jabodetabek saat H+2 lebaran. Jumlah tercatat cukup besar di tengah gencarnya peniadaan mudik.

"Dari catatan kami ada 22 persen yang akan balik pada hari Minggu. Itu kalau diakumulasi sekitar 3,6 juta. Itu jumlah yang banyak," kata Menhub Budi usai rapat terbatas dengan presiden, Senin (10/5/2021).

Baca Juga: Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 Libur 2 Hari saat Lebaran 2021

1. Usulkan vaksin gratis untuk pemudik jalur darat

Arus Balik Tetap Ada, Menhub Usul Vaksin Gratis untuk Pemudik DaratIlustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini juga mengusulkan agar pemudik yang melalui jalur darat diberikan vaksin gratis. Usulan ini pun telah disampaikan kepada menteri terkait.

"Kami usulkan nanti pak Menko dan pak Menkes memberikan vaksin gratis untuk mereka yang melakukan perjalanan darat," ucap Budi.

2. Pemerintah akan lakukan testing COVID-19 secara acak

Arus Balik Tetap Ada, Menhub Usul Vaksin Gratis untuk Pemudik DaratIlustrasi tenaga medis melakukan tes usap (swab test) terhadap warga saat tes usap massal di Kecamatan Mamajang, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/9/2020). ANTARA FOTO/Arnas Padda

Menhub Budi mengatakan pihaknya juga mengusulkan untuk melakukan testing COVID-19 di berbagai tempat yang konsentrasinya besar, seperti di Madiun, Ngawi, Surabaya, Solo, Jogja, Semarang, Cirebon, Jakarta bahkan yang dari Sumatera di Bakauheni.

"Sementara untuk perjalanan transportasi lain akan diberlakukan pengetatan syarat perjalanan seperti pada masa pra peniadaan mudik,” papar Menhub.

Baca Juga: Menhub Budi: Pergerakan Penumpang Turun 77 Persen usai Larangan Mudik

3. Arus mudik turun signifikan di masa peniadaan mudik

Arus Balik Tetap Ada, Menhub Usul Vaksin Gratis untuk Pemudik DaratIlustrasi Moda Transportasi untuk Mudik. (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain itu, Menhub Budi juga mengklaim bahwa pengendalian transportasi dalam rangka peniadaan mudik periode 6-17 Mei 2021, berjalan dengan baik. Hal ini tercermin dari pergerakan penumpang yang turun signifikan di semua moda transportasi.

“Di ratas tadi kami melaporkan bahwa secara umum peniadaan mudik ini ditanggapi dengan cukup baik oleh masyarakat, ditandai dengan adanya penurunan jumlah pergerakan penumpang selama 6-9 Mei 2021 yang mencapai 77 persen di semua moda transportasi," ujarnya.

Baca Juga: [UPDATE] 13,4 Juta Orang Sudah Vaksinasi COVID-19

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya